Pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se Kabupaten Bener Meriah menggelar kemah pramuka di Bumi Perkemahan SMK Negeri 4 Pante Raya, Kecamatan Wih Pesam, Bener Meriah, Sabtu.

Ketua Panita, Piryadi kepada wartawan menyampaikan kegiatan tersebut merupakan giat Kemah Bakti Silaturrahim dan Persaudaraan (Kemtisida) Tahun 2019 yang diikuti oleh 142 pelajar dari 6 SMK yang ada di Kabupaten Bener Meriah.

"Jumlah peserta ada 64 putra dan 78 putri. Perkemahan akan berlangsung selam 3 hari, mulai tanggal 27 sampai 29 September 2019," tutur Piryadi.

Baca juga: 22 pramuka Bener Meriah ikuti LP3 Putri VII di Jantho

Dia mengatakan tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan tersebut adalah untuk lebih mempererat silaturrahmi dan kekompakan diantara peserta, juga untuk lebih meningkatkan keterampilan setiap peserta di bidang kepramukaan.

"Juga untuk mengimplementasikan potensi diri dan akademik para peserta melalui kegiatan ekstrakurikuler," sebutnya.

Sementara, Ketua Harian Kwarcab Pramuka Kabupaten Bener Meriah, Alhuda, mengatakan pihaknya berharap kegiatan tersebut dapat menanamkan nilai-nilai persaudaraan dan kerjasama yang baik diantara peserta.

Baca juga: FKG Unsyiah gelar penyuluhan kesehatan gigi dan mulut di Bener Meriah

Menurutnya, pramuka bukan hanya tentang perkemahan atau soal baris berbaris, namun ada banyak nilai di dalamnya yang akhirnya dapat diterapkan dalam kehidupan sosial sehari-hari.

"Terutama para pelajar akan semakin bisa memaknai arti sebuah kerja sama, arti sebuah persaudaran, saling asih, saling asuh, saling bantu, yang nantinya akan bisa diterapkan ditengah-tengah masyarakat. Itu yang kita harapkan," tutur Alhuda.

Alhuda menambahkan pihaknya dalam hal ini mendukung penuh kegiatan kepramukaan tersebut sebagai wadah membina generasi muda.

"Agar mereka selalu berpikir positif, toleran, dan saling menghargai," ucapnya.

Kegiatan perkemahan ini dibuka oleh perwakilan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh Wilayah Kabupaten Bener Meriah, Bokhari.

Bokhari juga mengapresiasi kegiatan tersebut dan ikut memberikan semangat kepada para peserta.

"Bisa kita lihat cukup banyak pemuda dan remaja yang terjerat dengan Narkoba. Pramuka adalah salah satu wadah untuk adik-adik terhindar dari barang haram tersebut. Sesuai dengan makna Pramuka, Praja Muda Karana, yaitu orang-orang muda yang suka berkarya," tutur Bokhari.
 

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019