Pemerintah Kabupaten Aceh Barat meluncurkan program masyarakat sejahtera gampong (desa) mandiri (Masgaman) yang diresmikan oleh Bupati H Ramli MS di Aula Setdakab, Kamis (3/10).  

"Program Masgaman ini kita luncurkan untuk mendampingi masyarakat yang memiliki usaha hingga nantinya mereka berhasil mengembangkan usahanya," kata Asisten 1 Bidang Pemerintahan Setdakab Aceh Barat, Mirsal SSos MSi dalam sambutannya.

Program tersebut diluncurkan untuk meningkatkan pengembangan ekonomi masyarakat di desa, yang selama ini sudah mendapatkan bantuan dari dana desa.

Dengan adanya program pendampingan tersebut, nantinya masyarakat yang memiliki usaha kecil seperti warung, kios, serta aneka usaha kecil lainnya akan mendapatkan pendampingan dari dinas terkait sehingga usaha yang sedang dijalankan tersebut semakin berkembang.

"Kalau pun misalnya masyarakat sudah mengambil pinjaman modal usaha di setiap badan usaha milik gampong/desa, maka masyarakat juga kita dampingi agar pengembalian pinjaman tersebut juga tidak terkendala," kata Mirsal menambahkan selaku inisiator progam.

Dalam program ini, nantinya pemerintah daerah juga akan melibatkan tim teknis agar berbagai usaha yang dijalankan mendapatkan pendampingan secara menyeluruh, sehingga usaha yang dijalankan warga benar-benar berhasil, katanya.

Sementara itu, Bupati Aceh Barat H Ramli MS dalam sambutannya mengatakan pemerintah daerah mendukung penuh program Masgaman, untuk meningkatkan kualitas ekonomi dan usaha masyarakat.

"Program ini sangat baik sekali, karena benar-benar dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan berbagai sisi pembangunan di daerah," kata Ramli MS.

Ia berharap nantinya dalam program tersebut dapat melibatkan berbagai pihak, sehingga pendampingan masyarakat dalam menjalankan usaha tidak mengalami kendala dan hambatan apa pun, pintanya.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019