Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Nagan Raya, Provinsi Aceh, Jonniadi mendukung sepenuhnya kabupaten tersebut menjadi kawasan ekonomi khusus (KEK) di wilayah pantai barat selatan Aceh.

Hal ini merespons usulan Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah yang telah mengusulkan tiga kabupaten di barat selatan Aceh menjadi daerah KEK, diantaranya seperti Kabupaten Aceh Jaya, Nagan Raya, serta Aceh Barat Daya ke Pemerintah Pusat.

"Kami berharap Nagan Raya ditetapkan sebagai kawasan ekonomi khusus (KEK) di barat selatan Aceh, hal ini tentunya akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat," kata Jonniadi kepada ANTARA, Minggu.

Menurutnya, salah satu peluang daerah tersebut menjadi kawasan ekonomi khusus tersebut didukung oleh banyak faktor diantaranya ketersediaan energi listrik yang memadai karena didukung kehadiran PLTU Nagan Raya 2x110 Megawatt, PLTA Krueng Isep Beutong, serta PLTU Kuta Makmue.

Dari segi letak, Nagan Raya juga sangat strategis dan mudah dijangkau dari daerah mana pun di Aceh, serta didukung dengan kehadiran Bandara Cut Nyak Dhien Nagan Raya, pelabuhan, lahan yang luas, serta aneka prasarana dan sarana pendukung lainnya.

Tidak hanya itu, pemerintah daerah bersama DPRK juga akan berupaya meyakinkan pemerintah pusat dengan sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM), agar upaya penetapan KEK di kabupaten ini nantinya diharapkan dapat segera terwujud.

Jonniadi juga meminta doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Nagan Raya dan Provinsi Aceh, agar harapan tersebut dapat diwujudkan dan dikabulkan oleh pemerintah pusat, harapnya.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019