Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar dan sejumlah Camat mengadakan studi komparatif ke Kabupaten Semarang dalam upaya melihat langsung pengembangan kopi robusta di daerah setempat.

“Pelaksanaan studi komparatif ini  bertujuan agar dapat membandingkan pengembangan kopi robusta yang ada di Semarang dengan Kabupaten Aceh Tengah karena dibeberapa wilayah Aceh Tengah memiliki ketinggian yang baik untuk kopi robusta,” katanya dalam siaran pers diterima Antara di Banda Aceh, Selasa.

Dalam kunjungan yang diterima langsung Bupati Semarang, Mundjirin, ia mengatakan kawasan Aceh Tengah terkenal dengan kopi Arabika sebagai produk unggulan.

Shabela berharap hasil kunjungan tersebut dapat diterapkan di daerah yang dipimpinnya tersebut terutama dalam hal mengelola kampung wisata kopi guna menarik kunjungan wisata kopi di Kabupaten Aceh Tengah.

Rombongan wisata edukasi kopi juga berkesempatan berkunjung ke salah satu Gapoktan di dusun kopi Sirap Desa Kelurahan Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang Senin 14/10/19.

Pemilihan Dusun Sirap sebagai lokasi kunjungan karena kawasan perkebunan kopi robusta ini dianggap mampu mengelola lahan perkebunan sebagai salah satu objek wisata edukasi bagi para masyarakat yang ingin mengetahui proses pembibitan, pengolahan dan pemasaran kopi robusta.
 

Pewarta: M Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019