Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tamiang melalui bagian kesra sekretaris daerah kabupaten (setdakab) setempat meminta agar pemohon beasiswa tingkat pendidikan D-III, D-IV, S1, dan S2 segera melengkapi berkas persyaratan untuk menerima tahun anggaran 2020.

Kepala Bagian Kesra Setdakab Aceh Tamiang Yetno melalui Kasubbag Kesejahteraan Rakyat, Muridah di Kualasimpang, Rabu, mengatakan, waktu penerimaan berkas telah dimulai dari tanggal 26 September lalu hingga 31 Oktober 2019.

"Berkas yang masuk, sudah banyak. Kami langsung melakukan verifikasi berkas permohonan beasiswa di tempat dengan tujuan bila persyaratan permohononan masih kurang lengkap, maka si pemohon dapat segera melengkapi. Tapi sampai hari ini berkas yang sudah lengkap, dan terverifikasi masih sangat sedikit,” ujarnya.

Ia menyebut, bagi permohonan beasiswa kategori berprestasi baru ada 10 berkas pemohonan yang sudah diverifikasi dan dinyatakan lengkap, sedangkan pada jalur kurang mampu hingga kini baru empat berkas. 

Sejauh ini pihaknya masih menunggu berkas permohonan hingga batas waktunya yang ditentukan oleh Pemkab Aceh Tamiang.

Ia mengimbau, agar pemohon beasiswa dapat membaca persyaratan secara seksama dan teliti, serta menyerahkan berkas secara lengkap kepada panitia penerima.

Seperti diketahui, bantuan beasiswa tahun 2020 diberikan pada dua kategori, yakni jalur prestasi, dan kurang mampu. Kategori jalur prestasi persyaratan wajib dipenuhi ialah capaian Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) ilmu eksakta minimal 3,00 dan ilmu noneksakta minimal 3,50.

Kategori kurang mampu, kriteria umum ialah masuk dalam Basis Data Terpadu (BDT) yang dibuktikan surat keterangan datok kenghulu (kepala desa), dan diketahui camat setempat. Kriteria umum lainnya, mahasiswa pemohon minimal telah duduk semester 2 perkuliahan dan bukan aparatur negara, seperti PNS/ASN, TNI/Polri, pejabat negara, dan pegawai BUMN/ BUMS. 

Pemkab Aceh Tamiang mensyaratkan, calon penerima bantuan beasiswa mesti berasal dari kampus negeri, sedangkan kampus swasta harus terakreditasi minimal B. 

"Persyaratan beasiswa dapat dibaca di kantor camat, dan kantor datok penghulu setempat. Silakan adik-adik mahasiswa membacanya dengan teliti, supaya bisa dilengkapi sesuai persyaratan yang tertera di pengumuman penerimaan permohonan beasiswa," katanya.

Pewarta: Muhammad Said

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019