Sebanyak 16 perusahaan besar termasuk di dalamnya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ambil bagian dalam kegiatan bursa kerja yang diselenggarakan Career Development Centre Universitas Syiah Kuala (CDC Unsyiah) di Darussalam, Banda Aceh.

"Kegiatan ini tidak hanya sebagai sarana untuk rekrutmen karyawan tapi juga sebagai sarana memberikan kesempatan bagi perusahaan menerima peserta magang kerja dan sharing informasi produk mereka," kata Ketua Panitia Unsyiah Job and Internship Fair, Muslim di Darussalam, Banda Aceh, Rabu.

Ia menjelaskan bursa tenaga kerja yang berlangsung selama dua hari tersebut masing-masing diikuti PT Pegadaian, Otoritas Jasa Keuangan, Bank Mega, Mandiri, Telkomsel, Pertamina, PT Permata Indonesia sejahtera,Telkomsel dan Tokopedia.

Ia mengatakan salah satu fenomena yang dilakukan perusahaan saat ini dalam merekrut karyawan tidak lagi menerima berkas secara offline, tapi banyak perusahaan beralih ke sistem online, seperti mengumumkan informasi hingga menerima berkas dan biodata.

Menurut dia dengan kondisi yang terjadi saat ini, maka para pencari kerja khususnya lulusan perguruan tinggi harus rajin mencari informasi dan menyusun data diri semenarik mungkin.

Ia menambahkan selain membuka lowongan kerja, sebagian perusahaan turut memberikan pelatihan dan seminar terkait dunia kerja serta memaparkan kegiatan tersebut bertujuan membuka kesempatan bagi para alumni untuk menemukan perusahaan yang sesuai dengan kapasitas serta bidang studi yang mereka miliki.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr Alfiansyah Yulianur mengatakan dunia kerja semakin berkembang dan membutuhkan kerja keras untuk menaklukkannya.

Ia meminta para alumni Unsyiah untuk menyiapkan diri agar mampu menghadapi perkembangan dan sebagai institusi, pihaknya mencoba memfasilitasi para alumni dengan dunia kerja, salah satunya dengan rutin menggelar job fair setiap tahunnya.

Ia juga menjabarkan jika saat ini Unsyiah terus mendorong mahasiswanya agar mampu bersaing di dunia kerja seusai menamatkan perkuliahan, salah satunya adalah pelatihan menyusun curriculum vitaedan wawancara.

Unsyiah juga mewajibkan mahasiswanya untuk bergabung ke UKM Olahraga agar mahasiswa di perguruan tinggi tersebut memiliki daya tahan tubuh dan fisik yang baik, karena selama ini, banyak alumni Unsyiah yang gugur di seleksi kesehatan saat mengikuti tes kerja.

Unsyiah juga mewajibkan mahasiswanya terlibat di organisasi yang merupakan salah satu sarana tempat untuk membentuk karakter dan sikap team work yang dibutuhkan di lingkungan kerja.

Pewarta: M Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019