Sebanyak sembilan dari 10 orang peserta aparatur sipil negara (ASN) yang turun mewakili kafilah Aceh Tamiang merebut prestasi membanggakan di ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Korps Pegawai Negeri (Korpri) Aceh V yang dihelat di Banda Aceh sejak 20 hingga 24 Oktober 2019.

"Kami laporkan ada sembilan orang dari 10 peserta asal kafilah Aceh Tamiang berhasil mendapatkan juara pada di MTQ Korpri Aceh ini," ujar Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Aceh Tamiang, Fauziwati selaku pimpinan kafilah melalui perwakilan kafilah, Akhyar Sirajuddin di Kualasimpang, Jumat.

Ia menerangkan, kesembilan ASN merebut prestasi tersebut, yakni di Cabang Kaligrafi Muhammad Syarif di BKPSDM mencatatkan nama Aceh Tamiang sebagai juara 1 kaligrafi kontemporer putra, dan hasil yang sama dicatatkan Nining Sundari di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menjadi juara 1 kaligrafi kontemporer putri.

Lalu Akhyar Sirajuddin sehari-hari bertugas di Kantor Kemenag memperoleh juara 2 Cabang Hifzil putra surah Al-Baqarah, dan hasil serupa diraih oleh Dahlelawati di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) menjadi juara 2 Cabang Hifzil putri surah Al-Baqarah.

Ada nama Zainul Abidin Sihombing di Kantor Kemenag menorehkan hasil dengan menjadi juara harapan 1 pada Cabang Hifzil putra surah Ali Imran, dan Muhammad Tamba di Kantor Kemenag mencatatkan sebagai juara harapan 2 tilawah putra Cabang Tilawah.

Ainun Mardhiah di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan meraih juara harapan 1 cabang doa putri, Cabang Khutbah Jumat ada nama Abdul Manan merupakan analis staf ahli Bupati Aceh Tamiang turut menyumbangkan perolehan piala menjadi juara harapan 1. 

Terakhir atas nama oleh Syamsuddin di Dinas Syariat Islam meraih Juara 2 Cabang Kaligrafi Dekorasi putra. 

"Ada lima cabang diikuti oleh peserta putra dan putri di MTQ Korpri ini, yakni Tilawah Quran, Tartil Quran, Hifzil Quran, Dakwah Alquran, dan Khattil Quran. Untuk Cabang Khutbah Jumat cuma diikuti peserta putra, dan Cabang Doa khusus peserta putri," terang dia.

Ia mengatakan, peserta dari Aceh Tamiang ini, lebih pantas pihaknya menyebut kafilah 'efisien'. Karena cuma terdiri dari 12 orang di antaranya satu pimpinan kafilah, satu pendamping putri, satu pendamping putra merangkap peserta, dan sembilan peserta.

"Peraih Juara 1 MTQ ini, berhak mengikuti ajang tersebut di tingkat nasional. MTQ Korpri tingkat nasional akan dijadwalkan bakal digelar tahun 2020 di Provinsi Sulawesi Tenggara," tutur Akhyar.
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019