Pihak Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) resmi merekrut 138 formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk kebutuhan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) pada tahun 2019.

“Kalau ada yang berminat ikut tes CPNS agar dapat segera mempersiapkan diri, karena pengumuman dan pendaftaran direncanakan 11 November 2019 ini,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Abdya Cut Hasnah 
Nur saat temu pers di Blangpidie, Rabu.

Cut Hasnah menjelaskan, sistem pendaftaran untuk 138 formasi CPNS Abdya tersebut bukan dilakukan oleh pemerintah daerah ataupun pihak BKPSDM Abdya, akan tetapi sistem pendaftarnya dilakukan secara langsung melalui portal Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Republik Indonesia.

“Tes CPNS sekarang tidak ada pembatasan wilayah lagi. Artinya, semua anak bangsa dari berbagai daerah di Tanah Air bisa mendaftar, mengambil formasi Pemkab Abdya melalui sistem seleksi komputer asistentes BKN,” jelasnya.

Hasnah berkata, pihak BKPSDM Abdya sebelumnya telah melakukan analisis jabatan dan analisis beban kerja terhadap kebutuhan PNS bertugas di lingkungan Pemkab Abdya sebanyak 1.042 orang untuk selama lima tahun.

Lalu pada tahun 2018, pihak BKPSDM melalui Surat Bupati Abdya mengusulkan kebutuhan CPNS sebanyak 211 formasi dan berhubung keuangan daerah minim sehingga MenPAN menyetujui sebanyak 138 formasi.

Adapun 138 formasi CPNS yang diterima KemenPAN-RB untuk melaksanakan fungsi pemerintahan di Kabupaten Abdya terdiri 71 formasi tenaga pendidikan, 35 formasi tenaga kesehatan dan 32 formasi tenaga teknis.

  “Kami mengusulkan 211 formasi, berhubung keuangan daerah kita minim, maka  KemenPAN melalui surat balasannya hanya menyetujui sebanyak 138 formasi  CPNS untuk pemkab Abdya pada tahun ini,” tuturnya.

 

Pewarta: Suprian

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019