Sebanyak 312 mahasiswa Universitas Abulyatama (Unaya), Acah Besar, dari berbagai fakultas di perguruan tinggi swasta tersebut diwisuda sarjana strata satu (S1) dan sarjana muda.

Prosesi wisuda dipusatkan di Aula Bale Nyak Syeh, Kampus Universitas Abulyatama di Lampoh Keude, Aceh Besar, Kamis. Wisuda berlangsung dalam rapat senat terbuka.

Mereka yang diwisuda berasal dari lulusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas Perikanan, dan Fakultas Kedokteran, serta program diploma, dan program profesi.

Rektor Universitas Abulyatama Agung Efriyo Hadi mengatakan, Universitas Abulyatama berperan sebagai pusat pengembangan sumber daya manusia. Perguruan tinggi tersebut terus berupaya melalui meningkatkan kurikulum dan metode pembelajaran.

"Kami juga terus meningkatkan sinergi tata kelola tri darma perguruan tinggi terpadu dalam penerapan teknologi yang ditujukan untuk membangun kualitas sumber daya manusia," kata Rektor.

Agung Efriyo mengatakan para wisudawan sebagai generasi milenial diharapkan mampu meningkatkan kemampuan diri, menerapkan ilmu yang didapat dalam dunia kerja.

Rektor mengatakan, Universitas Abulyatama harus mampu menjawab kebutuhan mahasiswa dan alumni atas tantangan lndustri 4.0. Di mana tantangan dan kebutuhan Industri 4.0 terdiri meliputi keterampilan teknologi.

"Dan ini menjadi tantangan bersama generasi muda Indonesia. Indonesia akan memerlukan sekitar 17 juta tenaga kerja yang melek teknologi digital pada 2030 mendatang," kata Agung Efriyo.

Selain itu, Rektor juga mengajak mahasiswa dan alumni menjaga kesatuan dan persatuan. Persatuan dan kesatuan menjadi kunci kemajuan dan kemandirian Bangsa Indonesia.

"Tanpa semangat persatuan dan kesatuan, maka kemampuan dan daya saing akan menjadi lemah serta hanya akan merugikan. Karena itu, alumni Universitas Abulyatama harus siap berkarya dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Agung Efriyo.

Kepada wisudawan, Rektor Universitas Abulyatama berpesan agar membangun perubahan pola pikir menjadi lebih maju lagi serta membangun hubungan di masyarakat dan dunia kerja.

"Sebagai sarjana yang baru lulus, harus mampu menempatkan diri secara profesional dan mengikuti dinamika perubahan zaman. Berikan kontribusi dan sumbangsih pemikiran bagi masyarakat," kata Agung Efriyo Hadi.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019