Acara pembukaan Lhokseumawe City Expo 2019 dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-18 Kota Lhokseumawe di Desa Ujung Blang, Kecamatan Banda Sakti, Senin berlangsung meriah, setelah dibuka oleh Walikota Suaidi Yahya.

Prosesi pembukaan Expo disemarakkan dengan berbagai pertunjukan tarian dan kesenian yang dapat menghibur tamu undangan dan masyarakat yang telah memadati lokasi pameran.

Ketua panitia Expo T Adnan mengatakan pameran Expo dalam rangka HUT Kota Lhokseumawe bertujuan menyebarluaskan informasi mengenai berbagai program dan kegiatan pembangunan yang telah, sedang dan akan dilaksanakan serta peluang investasi ekonomi di Kota Lhokseumawe.

"Salah satu bentuk ajang promosi untuk memperkenalkan produk-produk hasil kerajinan tangan dan berbagai macam produk buatan daerah lokal. Dengan adanya acara Expo bisa mengenalkan produk UMKM daerah masing-masing sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat," katanya.

Dikatakannya, kegiatan Expo ini mengajak seluruh elemen untuk memberikan dukungan terhadap hajatan tahunan yang akan menampilkan atau mempromosikan produk kerajinan, pangan dan seni tradisional serta perkembangan pembangunan Kota Lhokseumawe.

"Kita berharap agar seluruh elemen masyarakat agar dapat hadir dalam Expo ini, sehingga produk lokal yang ditampilkan dapat terjaga, selanjutnya perekonomian masyarakat juga meningkat," sebut Adnan.

Sementara itu, PLT Gubernur Aceh yang diwakili oleh staf ahli bidang perekonomian, keuangan dan pembangunan Mahyuzar menyebutkan pameran yang digelar dalam rangka HUT Kota Lhokseumawe bertujuan memberi kesempatan bagi masyarakat untuk mengetahui proses pembangunan yang akan dan telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Lhokseumawe.

"Kota Lhokseumawe telah membuktikan menjadi kota mandiri dan mampu menyejahterakan rakyat. Aktif dalam menjalankan program pemerintah pro rakyat. Mampu mengembangkan sumber daya lokal dan didukung sarana informasi yang baik," katanya.

Dirinya menambahkan dengan pertumbuhan ekonomi dapat berpihak pada pembukaan lapangan kerja terutama UKMK dan didukung dengan teknologi tepat guna. Kemudian dapat mendorong daya saing masyarakat dengan adanya partisipasi aktif dari masyarakat.

"Perkembangan teknologi informasi menjadi faktor mendukung pertumbuhan ekonomi dalam mempromosikan produk kerajinan tangan dan berbagai macam seni tradisional, maka oleh karena manfaatkan perkembangan teknologi di era digital ini," sebutnya.

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019