Pemerintah Kota Lhokseumawe, Aceh, menekankan optimalisasi layanan kesehatan kepada masyarakat, sehingga dapat mewujudkan generasi sehat yang dilandasi tekad untuk memajukan bangsa.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Lhokseumawe T Adnan saat membacakan sambutan dari Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto pada saat upacara Hari Kesehatan Nasional bertema “Generasi Sehat Indonesia Unggul” di Kantor Walikota Lhokseumawe, Senin.

Baca juga: Marzuki Hamid Pimpin Upacara Hari Kesehatan Ke-55 di Langsa

Dikatakannya, di era kabinet Indonseia maju yang menjadi perhatian pemerintah dalam kurun waktu lima tahun mendatang, diprioritaskan pada pembangunan sumber daya manusia (SDM).

“Pada lima tahun masa tugas kabinet Indonesia kerja 2015-2019, pembangunan kesehatan telah memperjuangkan tiga pilar, yaitu paradigm sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan dan penyediaan jaminan kesehatan nasional, mengusung kegiatan promotif dan preventif,” katanya.

Baca juga: ASN paling banyak terkena penyakit jantung

Selanjutnya, kata Adnan, beberapa program unggulan bidang kesehatan seperti gerakan masyarakat hidup sehat (Germas), Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga (PIS-PK) dan Nusantara Sehat (NS).

”Kita juga tidak menutup mata terhadap berbagai permasalahan yang masih ada dalam proses pembangunan kesehatan dan masih dihadapkan pada kompleksitas masalah stunting, JKN serta penyediaan pelayanan kesehatan dasar,” ucapnya.

Dikatakannya lagi, betapapun pemerintah sudah senantiasa responsif dalam memecahkan masalah-masalah tersebut selaras dengan tuntutan masyarakat. Kita juga masih dihadapkan pada kesulitan menyediakan obat dan alat kesehatan produk lokal yang murah dan berkualitas.

“Permasalahan-permasalahan itu akan menjadi prioritas pemerintah dalam mengatasinya, dibutuhkan dedikasi dan profesionalitas kinerja segenap kepentingan dalam sektor kesehatan, sehingga masyarakat mendapatkan akses kesehatan yang lebih baik, adil dan merata,” sebutnya.

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019