Bupati Aceh Jaya T Irfan TB mengambil sumpah dan melantik pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Aceh Jaya periode 2018–2023 yang dilaksanakan di Aula Lantai III Setdakab di Calang, Kamis (28/19).

“Tantangan kepengurusan gerakan pramuka saat ini dan ke depan cukup berat dan beragam. Salah satunya adalah bagaimana strategi pramuka dijadikan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah dapat diminati dan digemari oleh para pelajar kita, sehingga mereka secara sukarela dan antusias untuk menjadi anggota pramuka aktif di sekolahnya,” katanya saat melantik pengurus Kwarcab Pamuka Aceh Jaya.

T Irfan Tb menambahkan salah satu tujuan gerakan pramuka adalah menumbuhkan tunas bangsa menjadi generasi muda yang berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur, memiliki kecerdasan dan ketrampilan yang tinggi, sehat jasmani, serta bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya.

“Pramuka juga sebagai gerakan pendidikan pada jalur pendidikan non formal, ia tidak terpisahkan dari sistem pendidikan, yang merupakan kesinambungan gerakan kepanduan nasional Indonesia pada masa lampau,” kata Irfan TB.

T Irfan TB menambahkan dengan telah dilantiknya pengurus baru ini harus mampu merealisasikan gerakan pramuka kepada berbagai program berupa pendidikan mental dan kepribadian, ketrampilan, serta karya bhakti untuk membantu masyarakat dalam bidang pelestarian lingkungan hidup, peningkatan perekonomian keluarga, kesehatan dan pendidikan, serta bidang sosial budaya.

"Dengan adanya pengurus ini mampu membawa perubahan serta mempunyai kepedulian dan tanggung jawab yang tinggi terhadap gerakan pramuka Aceh Jaya di masa akan datang," harap Irfan TB.

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019