Bangunan hotel Sabang milik Pemerintah Kota Sabang di Jalan Tgk Daud Bereueh Banda Aceh akan segera beroperasi, bahkan Pemkot Banda Aceh telah menyerahkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) hotel tersebut ke Walikota Sabang Nazaruddin.

"Kami Pemerintah Kota Sabang berterimakasih kepada bapak Walikota Banda Aceh yang telah membantu mempermudah semua urusan terkait (pengalihan) mess Sabang menjadi hotel Sabang ini," kata Nazaruddin di Banda Aceh, Senin.

IMB bangunan itu diserahkan langsung Walikota Banda Aceh Aminullah Usman kepada Nazaruddin di Pendopo Walikota Banda Aceh, yang disaksikan Sekdakota Sabang Zakaria, Kabag Umum Setdakota Sabang Bahrul Fikri serta sejumlah pejabat Pemko Banda Aceh.

Bangunan yang memiliki tujuh lantai tersebut selama ini difungsikan sebagai mess oleh Pemko Sabang, namun kini telah diterbitkan IMB menjadi hotel berbintang empat.

Ia menyebutkan setelah mendapatkan IMB itu Pemko Sabang akan melakukan beberapa tahapan lain agar bangunan dengan luas bangunan 9.675 meter persegi dan fasilitas 125 kamar tersebut bisa segera beroperasi menjadi hotel.

“Ada beberapa tahapan yang harus kita kejar untuk merealisasikan bangunan ini dioperasikan sebagai hotel. Setelah tahapan-tahapan itu selesai nanti kita publis lagi," katanya.

Terkait dengan pengelolaan hotel itu ke depan, secara swakelola atau melibatkan pihak ketiga, kata Nazaruddin pihaknya akan mengikuti tahapan-tahapan sesuai dengan regulasi yang berlaku.

“Pengelolaannya kita tidak akan melangkahi aturan yang ada. Kita akan ikuti sesuai regulasi,” katanya.

Sementara itu Aminullah Usman mengapresiasi keputusan Pemko Sabang yang mengalihkan fungsi mess tersebut menjadi hotel. Hotel itu menjadi bentuk dukungan terhadap kemajuan sektor pariwisata.

“Banda Aceh dan Sabang memiliki keterkaitan, ketika orang ingin ke Banda Aceh pasti juga berkeinginan menuju Sabang, dan kita selalu promosikan itu. Jadi Hotel ini menguntungkan kedua daerah karena sebagai penunjang sektor wisata yang menjadi andalan Banda Aceh dan Sabang,” katanya.

Ia menambahkan tingkat kunjungan wisata ke Banda Aceh dan Sabang semakin meningkat, ditandai dengan semakin bertambah tingkat hunian hotel dan penginapan.

“Kehadiran hotel ini menguatkan sektor wisata dan menjadi opsi tambahan bagi wisatawan yang berkunjung, baik ke Sabang maupun transit di Banda Aceh," katanya.

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019