Wali Kota Langsa Usman Abdullah melakukan rotasi sebanyak lima pejabat pimpinan tinggi pratama atau eselon II di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Langsa, Aceh ketika memasuki awal tahun 2020.

"Prestasi-prestasi yang selama ini diraih, kami harap dapat dijaga dan menjadi lebih baik ke depannya," ucap Wakil Wali Kota Langsa, Marzuki Hamid saat melakukan pelatikan kelima pejabat eselon II yang digelar di Aula Sekretariat Daerah Pemko Langsa, Kamis.

Kelima orang pejabat yang dilantik tersebut di antaranya Pejabat (Pj) Inspektorat Kota Langsa Syahrial, Kepala Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Kota Langsa Aji Usmanuddin, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Ibrahim Latif, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Langsa M Syarif, serta Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Langsa Said Mahdum Madjid.

Marzuki mengingatkan, bahwa jabatan yang diemban merupakan sebuah amanah yang harus dijaga dan dijalankan dengan sebaik-baiknya.

Ia mencontohkan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik terutama kepada masyarakat setempat tanpa pungutan liar pungli dan harus memberantas aktivitas percaloan.

Begitu juga Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah, lanjut dia, supaya dapat menjaga pelaksanaan syariat Islam di Kota Langsa, dan sekaligus bisa menghilangkan pelanggaran-pelanggaran terhadap syariat Islam.

Ia menjelaskan, inspektorat memiliki tugas yang berat karena merupakan ujung tombak untuk mengawal penyelenggara pemerintah setempat agar terhindar dari tindakan korupsi.

"Untuk itu bangun berkoordinasi dengan pihak instansi vertikal dalam melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan kinerja di semua lembaga meliputi dinas-dinas di lingkungan Pemko Langsa," terang dia.

Ia menyebut, agar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan diharapkan dapat menjaga arsip-arsip terdahulu, sehingga apabila diperlukan tetap masih tersimpan dengan baik.

"Sedangkan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Langsa merupakan 'eks offisio' ketua pengurus mesjid raya Kota Langsa, dan juga memiliki tugas-tugas koordinatif terhadap dinas-dinas terkait serta membantu tugas sekretaris daerah yang merupakan kepala sekretariat daerah," tegas Marzuki.

Pewarta: Muhammad Said

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020