Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengajak masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan pertanian yang maju, mandiri dan modern.

"Besok pertanian kita harus makin maju, harus makin mandiri, harus makin modern," ujar Syahrul Yasin Limpo, saat memberi pengarahan dalam kegiatan bertajuk "Tani Day", di Denpasar, Bali, Minggu.

Ia mengatakan, pertanian yang maju, mandiri dan modern itu dapat dicapai dengan kebersamaan yang utuh dengan intervensi teknologi, Intervensi 4.0.

"Selain itu, dengan intervensi kemauan yang dahsyat dari kita, mari kita buka pintu-pintu dunia untuk menggelar ekspor kita," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan "Tani On Stage" atau Hari Tani tersebut diselenggarakan di hampir semua ibu kota provinsi sebagai bagian untuk sosialisasi sekaligus mengkristalisasi pentingnya pertanian untuk dijaga secara bersama.

Hal tersebut harus dilakukan karena menurutnya, pertanian itu adalah kekuatan bangsa dan negara dan langsung berkontribusi kepada kebutuhan rakyat.

"Kita berharap pertanian besok harus mampu kita tingkatkan dengan sebuah gerakan masyarakat secara bersama," ujar Syahrul Yasin Limpo.

Selain itu, menurutnya saat ini yang dibutuhkan adalah cara-cara bertani dan cara-cara memanfaatkan hasil pertanian secara lebih efektif dan lebih efisien.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengajak masyarakat untuk menghilangkan waste atau sampah-sampah makanan. Ia mengimbau untuk jangan ada masyarakat yang membuang sia-sia makanan dan jangan sampai ada makanan yang mubazir.

"Bayangkan kalau sampah makanan yang terbuang itu mulai dari on farm atau mulai dari petaninya kemudian di penggilingan sudah kehilangan kita, kemudian dari penggilingan ke pasar kehilangan kita, dari pasar ke dapur hilang lagi, dari dapur ke meja hilang lagi sesudah makan banyak yang kita sisa," katanya.

Ia menambahkan, dari proses tersebut menurut data makanan yang hilang sekitar 30 persen.

"Berarti 30 persen kita buang percuma makanan kita. Makan secukupnya, jangan buang-buang makananmu," ujar Syahrul Yasin Limpo.

Selain memberikan pengarahan kepada masyarakat, dalam kesempatan tersebut, Menteri Syahrul Yasin Limpo juga mengikuti kegiatan jalan sehat yang dilaksanakan di kawasan Lapangan Renon.

Kemudian ia juga meninjau sejumlah stan-stan yang memajang berbagai jenis produk dan olahan hasil pertanian yang dihasilkan oleh masyarakat Bali.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020