PT Pertamina EP Asset 1 Rantau Field di Kabupaten Aceh Tamiang kembali meraih penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) Emas tingkat nasional 2019 oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) lima kali berturut-turut sejak tahun 2015.

"Proper Emas bagi PT Pertamina EP Aset 1 Field Rantau diserahkan oleh Wapres (Wakil Presiden) Bapak Ma'ruf Amin kepada Direktur Finance PT Pertamina EP Bapak Adi Prasetyana," ujar Field Manager Pertamina EP Rantau Field, Totok Parafianto di Aceh Tamiang pekan ini.

Ia mengatakan, turut mendampingi Wapres dalam penyerahan penghargaan tersebut Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya di Istana Wakil Presiden Jakarta, Rabu (8/1).

PROPER merupakan penghargaan tertinggi KLHK di bidang pengelolaan lingkungan hidup dan tanggung jawab sosial perusahaan bagi masyarakat sekitar lokasi perseroan berada.

Seperti diketahui, PT Pertamina EP, sebagai anak perusahaan PT Pertamina (Persero) sekaligus Kontraktor Kontrak Kerja Sama di bawah pengawasan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) kembali menorehkan prestasi dengan meraih empat PROPER Emas, dan 12 PROPER Hijau.

Penerima PROPER Emas di lingkup Pertamina EP, yakni Subang Field, Jambi Field, Rantau Field, dan Tambun Field. Sedangkan PROPER Hijau diraih oleh Tarakan Field, Prabumulih Field, Bunyu Field, Ramba Field, Sangasanga Field, Pendopo Field, Adera Field, Papua Field, Tanjung Field, Pangkalan Susu Field, Sukowati Field, dan Limau Field.

"PROPER ini, merupakan program unggulan KLHK yang dikembangkan sejak tahun 2002 bertujuan untuk mendorong tingkat ketaatan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup, inovasi pengelolaan sumber daya alam, dan pemberdayaan masyarakat di sekitar lokasi perusahaan," ungkap Totok Parafianto.

Dewan PROPER dari KLHK akhir tahun 2019, yakni Agus Pambagio dan Sinta Saptarina telah menilai kinerja pengelolaan lingkungan perusahaan, dan kegiatan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) mencakup tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) di sejumlah lokasi PT Pertamina EP Asset 1 Rantau Field.

Di antaranya pengembangan ekowisata, dan pelestarian spesies Tuntong Laut di Pusong Kapal, Kecamatan Seruway, Aceh Tamiang. Dewan Proper juga melakukan kunjungan ke Pusat Pengembangan Masyarakat Pertamina (PPMP) di Komplek Perumahan Pertamina setempat.

Di hari kedua dari kunjungan tim KLHK khusus melihat kegiatan penyulingan minyak serai wangi yang dikelola kelompok masyarakat binaan perusahaan di Gampong (Desa) Tampur Paloh, Kecamatan Simpang Jernih, Aceh Timur.

"Serai wangi yang terbaru di Tampur Paloh. Di sana ada tempat produksi minyak serai wangi berkapasitas besar. Bahan bakunya melimpah, karena setiap warga menanam pohonnya. Hasil minyak sere wangi itu akan ditampung di 'Galeri Ajang Ambe' milik kita untuk dipasarkan dengan produk UMKM khas Aceh Tamiang lainnya," terang Legal and Relation Pertamina EP Rantau Field, Fandi Prabudi.
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020