Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman mengaku senang dengan kehadiran 12 orang mahasiswa dari Melbourne, Australia yang menjadi relawan mengajar bahasa Inggris di sekolah-sekolah setempat, dan berharap jadi duta wisata daerah berjuluk "Kota Serambi Mekkah".

"Saat kembali dari kota ini, kami harap anak-anak muda dari Melbourne ini dapat menjadi duta wisata Banda Aceh, sehingga lebih banyak lagi wisatawan yang akan datang ke kota ini," terang Aminullah di Banda Aceh, Selasa.

Ia mengaku, sangat gembira dan bahagia karena belasan relawan ini akan mengajarkan bahasa internasional tersebut yang dapat menambah motivasi belajar siswa/siswi di Banda Aceh.

Beliau berharap belasan relawan berasal dari negeri kangguru ini betah selama sebulan penuh di Banda Aceh, dan mempelajari budaya Aceh, menikmati kelebihan "Kota Serambi Mekkah" dan pariwisatanya untuk kemudian diceritakan ke keluarga, kerabat, teman dan lingkungan minimal kampus di Australia.

"Tentunya kami sangat senang dan bahagia atas kehadiran para pemuda dari Australia untuk mengajar di Banda Aceh. Selamat bertugas, kota ini akan menyambut dengan terbuka. Ini merupakan kota referensi pendidikan di Aceh," katanya mengklaim.

"Selamat datang di kota Banda Aceh, ibu kota Provinsi Aceh yang masyarakatnnya sangat toleran dan terbuka untuk siapapun," tegas dia.

Wali kota sempat menceritakan kelebihan yang dimiliki Banda Aceh kepada 12 relawan tersebut, baik seni dan budaya, pariwisata, dan kuliner yang terkenal dengan istilah 3E, yakni enak, enak sekali, dan enaaaaak sekali.

"Silahkan nikmati keindahan kota ini, pariwisatanya ada wisata religi, wisata tsunami hingga cagar budaya. Kota ini juga memiliki kuliner yang telah mendunia, seperti kopi terenak di dunia dan mie paling dikenal dunia," tutur Aminullah yang mantan Dirut Bank Aceh ini.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Banda Aceh, Saminan kemarin ketika bertemu orang nomor satu di Banda Aceh menyebut, ke-12 pemuda ini tergabung dalam program "Fatih Volunteer Teaching Program".

Ia mengaku, belasan pemuda dari Melbourne hadir di "Kota Serambi Mekkah" dan berbagi ilmu dengan siswa/siswi berkat kerjasama dengan "Fatih School".

"Program ini kita selenggarakan dalam rangka menyahuti cita-cita wali kota yang ingin menjadikan Banda Aceh, sebagai kota wisata internasional. Lewat program ini kita bisa dapatkan dua hal positif sekaligus, mengajar para siswa bahasa Inggris dan sebagai ajang mempromosikan wisata Banda Aceh," ujar Saminan.

Pewarta: Muhammad Said

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020