Pemerintah Aceh melakukan penjajakan untuk memperkuat kerja sama pembangunan pabrik dengan salah satu perusahaan marmer yang ada di Jawa Barat, PT Fajar Gelora Inti.

“Kunjungan kerja ini memenuhi undangan dari PT Fajar Gelora Inti dan kita berharap dengan kunjungan ini akan ada kerja sama dengan Pemerintah Aceh,” kata Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah dalam siaran pers diterima Antara di Banda Aceh, Senin.

Ia menjelaskan PT Fajar Gelora Inti memiliki pengalaman dan jaringan luas secara nasional dalam memasarkan batu marmer atau granit yang mempunyai nilai jual tinggi.

Oleh karena itu, kerja sama ini bukan saja fokus pada pembangunan pabrik yang nantinya akan berlokasi di Ladong, Aceh Besar, namun sekaligus transfer ilmu pengetahuan kepada pemuda-pemudi Aceh dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia.

“Ini merupakan pabrik pertama yang akan menjadi contoh dan bisa saja tumbuh di daerah lainnya yang memiliki batu-batu alam dengan nilai jual baik di pasar nasional bahkan internasional,” kata Nova usai melakukan kunjungan ke pabrik Fajar Gelora Inti di Cibitung.

Pihaknya, tambah dia, akan membantu proses perizinan dan berharap pihak perusahaan bisa sesegera mungkin melakukan survei ke daerah pembangunan.

Presiden Fajar Gelora Inti, Ferdinand Gumanti menyambut baik kunjungan Pemerintah Provinsi Aceh yang dipimpin Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

“Kami siap bekerja sama dengan Pemprov Aceh untuk mengelola sumber daya alam (SDA) terutama batu alam di provinsi tersebut dan termasuk transfer ilmu kepada putra-putri Aceh,” katanya.

Dalam kunjungan tersebut Plt Gubernur Aceh turut didampingi Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Aceh Mahdinur, Ketua Kadin Aceh, Makmur Budiman,dan Direktur PT Pembangunan Aceh, Zubir Sahim.

Pewarta: M Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020