Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Meulaboh menyampaikan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan Bupati Aceh Jaya dan Dinas Kesehatan setempat terkait hasil kesehatan para warga negara asing (WNA) yang ada di pelabuhan Calang.

"Kita akan berkoordinasi kembali nanti dengan Bupati dan Dinas Kesehatan Aceh Jaya terkait hasil kesehatan anak buah kapal (ABK) yang masuk melalui pelabuhan Calang," kata Samsul Bahri selaku Koordinator KKP Wilayah Meulaboh, Rabu (29/1).

Baca juga: Bupati Aceh Jaya kecewa kepada KKP Meulaboh, ini sebabnya

Ia menyampaikan selama ini pihaknya tidak memberi laporan langsung kepada Pemerintah setempat karena tidak ada persoalan tentang kesehatan.

"Mengingat salah satu tupoksi KKP adalah pengawasan alat angkut pintu masuk negara, baik itu orang maupun barang, jadi apabila tidak ada masalah menyangkut dengan faktor resiko jadi KKP tidak membuat laporan ke lintas terkait," kata Samsul.

Ia menambahkan memang saat ini sedang maraknya wabah virus corona yang dianggap siaga, mengingat kesehatan adalah tanggung jawab bersama pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pemkab setempat nantinya.

Ia menuturkan semua awak kapal yang diperiksa pada kapal Tri Priend/V-2001 dengan Nahkoda kapal Mabunga Antonio Jr Mingo berbendera Panama berjumlah 18 orang dan semua awak kapal dalam kondisi sehat dengan suhu badan yang normal.

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020