Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman mendukung berbagai penyelenggaraan even oleh pegiat atau komunitas setempat demi menggejot tingkat kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) maupun wisatawan mancanegara (wisman) ke daerah berjuluk "Kota Serambi Mekkah" tahun ini.

"Bukan hanya dalam bidang otomotif, kita sangat 'welcome' terhadap semua even yang bersifat positif dan melibatkan banyak orang untuk meramaikan Banda Aceh. Kami akan mendukung penuh, teknisnya nanti dari dinas pariwisata dan dinas terkait lainnya," tegas Aminullah di Banda Aceh, Rabu.

Ia mengaku pihaknya telah lama menyadari 'multiplier effect' atau dampak pengganda dari suatu even yang digelar di ibu kota provinsi paling barat Indonesia tersebut baik terhadap Banda Aceh secara khusus, dan Aceh sendiri secara umum.

Pemerintah Kota Banda Aceh merasa yakin dengan banyaknya even yang dilaksanakan di "Kota Serambi Mekkah" ini, maka semakin banyak orang yang berkunjung dan berwisata, serta mempromosikan akan kelebihan Banda Aceh dibandingkan daerah lain.

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman telah menerima audiensi dua panitia pelaksana even otomotif, yakni "Mitsubishi Xpander Indonesia (MIXI) Chapter Aceh" menggelar ulang tahun kedua pada 11-12 April 2020, dan komunitas Cah Road pada ajang "Aceh Dirt Bike" pada 15 Februari 2020 di Balai Kota Banda Aceh, Selasa (4/2).

"Saya yakin, kegiatan ini nanti akan menyedot banyak wisatawan. Apalagi banyak peserta yang berasal dari luar kota, bahkan hingga luar negeri," katanya.

"Dan yang tak kalah penting, semakin banyak even, maka semakin bagus bagi geliat perekonomian kota. Pengusaha kecil, asongan, pengusaha hotel, transportasi, kuliner, hingga souvernir tentu akan meningkat omsetnya selama penyelenggaraan even berlangsung," katanya Wali Kota Aminullah.

Ketua Panitia Ulang Tahun MIXI Chapter Aceh II, M Fajar kemarin mengatakan, pihaknya akan menggelar tiga agenda utama di medio April mendatang.

"Ada aksi bersih pantai di Ulee Lheue, acara puncak 'anniversary', dan santunan bagi anak yatim," katanya mengaku.

Ia mengatakan, acara yang turut diikuti oleh puluhan peserta dari Kota Medan, Sumatera Utara, juga ditata dalam rangka memeriahkan hari jadi ke-815 Kota Banda Aceh.

"Selain untuk mempererat tali silaturrahim antar pecinta mobil Xpander, kami juga sangat bersemangat untuk mempromosikan wisata Banda Aceh," ujarnya.

Ketua Cah Road, Variadi sebagai panitia "Aceh Dirt Bike Adventure" mengaku, pihaknya akan menggelar acara sekitar 10 hari lagi.

"Hingga hari ini, sudah lebih dari 700 peserta yang mendaftar. Dan yang luar biasanya lagi, 90 persennya berasal dari luar kota termasuk dari Malaysia," ucapnya.

Melihat tingginya animo dari peserta, maka pihaknya menyediakan ratusan item "doorprize" dengan hadiah utama motor trail.

"Start dari balai kota dilepas oleh pak wali dan finis pada sore hari di Taman Sari," katanya.

Pewarta: Muhammad Said

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020