Harga bawang putih di sejumlah pasar tradisional di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar berangsur turun yakni dari Rp50 ribu per kilogram menjadi Rp40 ribu per kilogram atau turun sekitar Rp10 ribu per kilogram.

"Sudah sejak seminggu ini harga bawang putih  di pasar turun, karena stok tersedia dengan cukup di pasaran, di mana sebelumnya stok terbatas sementara permintaan tinggi” kata Aulia, salah satu pedagang tradisional di Pasar Lambaro, Aceh Besar, Minggu.

Ia menjelaskan kenaikan harga bawang putih khususnya dalam sebulan terakhir di Aceh menyusul menipisnya pasokan bawang putih impor yang berasal dari China.

Hal senada juga disampaikan Sayuti. Ia mengatakan harga bawang putih yang dijual di pasaran dalam seminggu terakhir mengalami penurunan baik ditingkat eceran dan juga grosir.

Selain bawang putih, harga sejumlah komoditas lainnya seperti cabai rawit turun Rp13 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp40-45 ribu menjadi Rp32 ribu per kilogram.

Sementara untuk sejumlah sayur mayur lainnya seperti tomat medan masih stabil yakni Rp9 ribu sampai Rp10 ribu per kilogram dan kentang masih bertahan di harga tinggi yakni Rp14 ribu per kilogram.

Pewarta: Zubaidah

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020