Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam Banda Aceh, Prof Samsul Rizal menyatakan Pendaftaran dan finalisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan ditutup pada hari ini, Kamis 27 Februari 2020 pukul 23.59 WIB.  

“Kami mengimbau kepada seluruh siswa eligible atau yang masuk dalam perankingan sekolah, untuk segera mendaftar dan melakukan finalisasi pendaftaran,” katanya di Banda Aceh, Kamis.

Pernyataan itu disampaikannya menyusul akan berakhirnya masa pendaftaran untuk masuk perguruan tinggi itu melalui jalur SNMPTN.

Ia menjelaskan ada perubahan kebijakan terkait tenggat waktu yakni berdasarkan informasi terbaru dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), seluruh siswa eligible, termasuk siswa yang mengajukan KIP Kuliah, diharuskan memfinalisasi dan mencetak kartu paling telat hari ini.

“Pendaftaran dianggap sah apabila peserta sudah melakukan finalisasi. Siswa yang tidak memfinalisasi, dianggap belum atau tidak mendaftar SNMPTN 2020,” katanya.

Samsul yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua I LTMPT mengatakan proses pendaftaran SNMPTN dapat dilakukan melalui  https://ltmpt.ac.id/. Pada laman tersebut, pendaftar akan diminta untuk mengisi biodata, pilihan PTN dan prodi, serta menggugah dokumen prestasi tambahan (jika ada). 

Kemudian langkah terakhir adalah finalisasi. Jika sudah finalisasi, pendaftar dianggap telah selesai menndaftar, sehingga harus mencetak kartu bukti pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Samsul berharap segala proses tersebut dapat dilakukan dengan baik oleh setiap peserta, karena tahapan tersebut sangat menentukan keikutsertaan mereka di jalur SNMPTN. 

Ia juga berpesan kepada seluruh calon peserta agar selalu memantau laman LTMPT agar dapat memperbaharui informasi. 

Samsul menambahakan sampai sejauh ini belum ada kebijakan perpanjangan waktu, karenanya ia meminta para peserta memanfaatkan waktu singkat tersebut sebaik mungkin.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020