Sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berbasis pengembangan wisata di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, mendapatkan bantuan pengembangan usaha dari PT Mifa Bersaudara yang dialokasikan dalam dana Corporate Social Responsibility (CSR).

“Bantuan yang kita salurkan ini sebagai strategi pengembangan pemberdayaan ekonomi masyarakat yang fokus pada komunitas pengembangan wisata, khususnya dalam penyediaan makanan dan minuman,” kata CSR & Corporate Communication Senior Manager PT Mifa Bersaudara, Azizon Nurza didampingi Medcom Supervesor, Nazaruddin A Gani di Meulaboh, Senin.

Menurutnya, bantuan tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat mengembangkan ekonomi dan kunjungan wisata di daerah, sehingga diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat.

Selain itu, dengan adanya pemberdayaan tersebut, iklim pertumbuhan UMKM di sektor wisata dan kuliner diharapkan  semakin meningkat serta mampu meningkatkan kunjungan wisata ke daerah ini.

“Kita berharap dengan adanya bantuan pengembangan usaha ini akan terus mengurangi tingkat kemiskinan di masyarakat serta terciptanya pelestarian lingkungan dan pelestarian
budaya lokal, sehingga akan dapat memberdayakan masyarakat untuk peningkatan taraf hidup yang lebih baik,” kata Azizon Nurza.

Saat ini, kata dia, pihaknya sedang mengembangkan ekonomi CBT (Community Based Torism) atau pengembangan komunitas dasar kunjungan wisata meliputi keberpihakan
dalam bentuk program dan regulasi, modal usaha, kemitraan, maupun keterlibatan masyarakat, dan infrastruktur.

“Bantuan pengembangan usaha kuliner yang diberikan ini bentuk dukungan perusahaan terhadap perekonomian masyarakat berbasis CBT, khususnya di Kabupaten Aceh Barat,” kata Azizon Nurza.

 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020