Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh Nova Iriansyah meminta masyarakat untuk tetap tenang dan meningkatkan kewaspadaannya dalam mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19), setelah dinyatakan dua WNI positif terjangkit di Depok Jawa Barat.

"Perlu upaya penanggulangan yang lebih aktif dalam bentuk peningkatan kewaspadaan dini, kesiapsiagaan, serta tindakan antisipasi pencegahan, deteksi, pengobatan dan respons lainnya," katanya dalam keterangan yang dibacakan Sekretaris Daerah Aceh Taqwallah di Banda Aceh, Rabu.

Dia mengingatkan masyarakat untuk tetap tenang sembari meningkatkan kewaspadaan diri. Semua informasi tentang kesehatan dan riwayat perjalanan diminta untuk melaporkan ke petugas kesehatan.

"Masyarakat yang mengalami gelaja demam, batuk, sesak napas, dan varu kembali dari negara terjangkit dalam 14 hari sebelum sakit, agar segera periksa ke Puskesmas atau rumah sakit," katanya.

Ia berharap masyarakat senantiasa menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat serta memperbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran dan makanan kaya protein untuk meningkatkan daya tahan tubuh seperti ikan, daging, dan telur.


Kata dia, diharapkan juga untuk selalu mencuci tangan setelah batuk, bersin, sebelum dan sesudah menyiapkan makanan, sebelum makan, setelah menggunakan toilet, bahkan setelah merawat hewan.

"Sebaiknya cuci tangan dengan air mengalir dan sabun, serta bilas kurang lebih 20 detik. Jika tidak tersedia air, dapat menggunakan cairan pembersih tangan yang mengandung alkohol 70-80 persen," katanya.

Kemudian, Nova juga mengajak masyarakat untuk menerapkan etika batuk, dengan cara menutup hidung dan mulut saat bersin atau batuk dengan menggunakan tisu. 

"Selalu menggunakan masker bagi yang menderita sakit dengan gejala infeksi saluran napas, demam, batuk, flu dan segera berobat," katanya.

Pewarta: Khalis Surry

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020