Rumah Sakit Umum Daerah (RSUM) Cut Meutia Kabupaten Aceh Utara siap menangani  pasien yang terduga terjangkit virus corona yang saat ini sudah terjangkit di belasan negara.

"Kita sudah siapkan ruang dekontaminasi atau ruang isolasi untuk penanganan jika ada pasien suspect corona. Sebelumnya RSUD Cut Meutia juga sudah melakukan simulasi penanganan pasien suspect virus mematikan tersebut," Humas RSUD Cut Meutia Jalaluddin di Lhokseumawe, Rabu (4/3).

Dikatakan Jalaluddin, pihak rumah sakit sudah menyiapkan tiga ruang isolasi dan 24 dokter untuk disiagakan dalam penanganan suspect virus corona tersebut.

Pihaknya juga memastikan bahwa petugas medis yang berjaga di Instalasi Gawat Darurat (IGD) sudah memahami SOP.

"Untuk mengantisipasi masuknya virus corona, RSUD Cut Meutia selalu melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan dan instansi terkait lainnya," katanya.

Dirinya meyakinkan bahwa fasilitas peralatan dan personel sudah disiapkan untuk menangani suspect virus corona. Namun kewaspadaan memang harus ditingkatkan, apalagi kini penyakit ini menjadi perhatian serius masyarakat internasional.

"Setiap pasien yang diduga terjangkit virus corona nantinya akan dirujuk ke rumah sakit ini dan juga akan dilakukan pemeriksaan di ruang isolasi untuk memastikan apakah ada gejala terjangkit virus tersebut atau tidak," kata Jalaluddin.

Dikatakannya, pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan dan RSUD Cut Meutia sebelumnya pada hari Selasa (3/3) gencar melakukan sosialisasi dengan cara membagikan brosur pencegahan dari wabah penyakit menular Corona virus desease (Covid-19).

"Dalam sosialisasi tersebut petugas juga menempelkan stiker cara antisipasi virus yang mematikan itu di setiap rumah sakit dan Puskesmas," katanya.

Untuk diketahui, Pemerintah Aceh menyiapkan dua rumah sakit sebagai rujukan penanganan kasus virus corona, yakni Rumah Sakit Zainoel Abidin di Banda Aceh dan Rumah Sakit Cut Meutia di Aceh Utara.

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020