Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman menindakalanjuti intruksi Presiden Joko Widodo, dan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh Nova Iriansyah meliburkan kegiatan belajar-mengajar di sekolah mengantisipasi merebaknya penyebaran virus corona jenis baru atau Covid-19 di Banda Aceh, Senin (16/3).

"Semua sekolah mulai PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) hingga SMP di bawah kewenangan pemerintah kota, kita liburkan. Kita sudah intruksikan kadis pendidikan agar mulai besok diliburkan," kata Aminullah di pendopo wali kota Banda Aceh, Ahad.

Aminullah mengatakan, kebijakan tersebut diambil sebagai bentuk kewaspadaan kepada anak didik, khususnya di ibu kota provinsi paling barat Indonesia ini.

Walau sebenarnya, lanjut dia, di daerah berjuluk "Kota Serambi Mekkah" hingga kini belum ditemukan satu kasus pun baik lanjut usia, dewasa, dan remaja maupun anak-anak menderita penyakit yang disebabkan virus Covid-19.

Terkait jadwal kapan dimulainya kembali aktivitas belajar mengajar di sekolah-sekolah baik tingkat PAUD, TK, SD, dan SMP akan diumumkan lebih lanjut.

"Saya minta semua tetap tenang, ini sebagai bentuk kewaspadaan kita. Anak-anak kalau tak ada kepentingan lebih baik menghabiskan waktu dari rumah, belajar dari rumah. Kita minta para orang tua bisa membimbing anak-anak untuk sementara belajar dari rumah," terang Wali Kota Aminullah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh, Saminan, mengaku, di daerah ini terdapat sekitar 35 ribu siswa/siswi mulai tingkat PAUD hingga SMP/sederajat yang belajar di rumah masing-masing.

"Guru-guru kan, sudah punya (nomor) WA (percakapan daring) orang tua murid. Agar anak-anak tidak tertinggal pelajaran, jadi guru-guru mengirimkan semua informasi lewat sistem daring itu," katanya.

Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengatakan, mulai Senin (16/3) sekolah-sekolah di bawah kewenangan pemerintah provinsi akan diliburkan guna mengantisipasi meluasnya penyebaran virus corona atau covid-19.

"Sesuai instruksi pak plt Gubernur, mulai besok seluruh sekolah di bawah kewenangan Pemerintah Aceh akan diliburkan hingga dua minggu ke depan, dan akan di evaluasi setelahnya. Apakah liburnya diperpanjang atau tidak,” kata Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto.

 

Pewarta: Muhammad Said

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020