PT Solusi Bangun Andalas (SBA) menyerahkan sejumlah sarana pendukung pencegahan penyebaran virus corona di Puskesmas Kecamatan Lhokngan dan Leupung yang menjadi lingkungan operasional perusahaan tersebut.

General Manager PT SBA, Durain Parmanoan di Lhoknga Aceh Besar, Jumat mengatakan bantuan yang diserahkan tersebut terdiri dari 
sabun cuci tangan, soap dispenser, masker, brosur dan spanduk-spanduk yang akan disebarkan di seluruh Kecamatan Lhoknga dan Kecamatan Leupung serta beberapa kebutuhan pendukung lainnya guna membantu Puskesmas dalam mengedukasi dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat. 

“Bantuan yang kita serahkan hari Ini adalah bentuk upaya dan juga perhatian perusahaan dalam mencegah penyebaran virus di lingkungan sekitar perusahaan,” kata Durain Parmanoan,
Ia mengatakan selain memberikan bantuan kepada dua Puskesmas dalam lingkungan kerja perusahaan tersebut, PT SBA juga mengambil sejumlah langkah pencegahan yang sistematis dan terukur dalam wilayah kerja perusahaan itu.

Menurut dia untuk sementara waktu pihaknya juga tidak menerima kunjungan tamu asing dari mana pun untuk membatasi penyebaran virus Corona. 

“Kami juga melakukan pemeriksaan suhu tubuh seluruh karyawan, pekerja kontraktor, tenaga kerja asing (TKA) dan seluruh tamu yang berkunjung ke pabrik,” katanya.

Ia juga mengatakan PT SBA juga sudah membatasi perjalanan dinas karyawan, menunda kegiatan atau rapat yang melibatkan banyak orang dan memanfaatkan fasilitas daring seperti video conference dan lain-lain.

Ia menambahkan mengenai penanganan tenaga kerja asing yang dipekerjakan melalui pihak ketiga (LNET) untuk mengoperasikan fasilitas pembangkit daya listrik pabriknya, Durain menegaskan bahwa sejak awal bulan Februari 2020 yang lalu, sudah tidak ada lagi personil tambahan (baru) TKA yang datang ke Aceh. 

“TKA yang sempat pulang ke negerinya, pun tidak diizinkan untuk kembali ke Aceh sesuai arahan dari kantor Imigrasi Banda Aceh,” katanya.

Ia mengatakan SBA terus berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Banda Aceh (KKP kelas III Banda Aceh) untuk pemeriksaan kesehatan para TKA secara berkala  yang juga dipantau oleh dokter Perusahaan dan pihak KKP. 

Selain itu, secara mandiri pihak LNET telah melakukan dekontaminasi area perkantoran dan melakukan pengecekan rutin ke penginapan (mess) para TKA tersebut guna memastikan para TKA berada dalam keadaan sehat.

Ia juga menambahkan selain menyampaikan imbauan dan sosialisasi mengenai pedoman hidup sehat kepada seluruh karyawan, SBA juga menyediakan fasilitas hand sanitizer dan wastafel lengkap dengan sabun pencuci tangan di lokasi-lokasi yang banyak dikunjungi oleh para pekerja. 

SBA juga sudah membentuk crisis management team covid-19 dan memprogramkan sterilisasi ruangan kerja di kawasan pabrik serta akan terus memberikan arahan kepada masyarakat sekitar untuk tetap selalu waspada terhadap penyebaran wabah tersebut.
 
PT Solusi Bangun Andalas adalah anak perusahaan dari PT Solusi Bangun Indonesia Tbk yang memiliki kapasitas produksi 1.6 juta ton semen per tahun. Perusahaan mengoperasikan pabrik terintegrasi di Lhoknga, dan fasilitas pengemasan yang berlokasi di Lhoknga, Lhokseumawe, Belawan, Batam and Dumai.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020