Kodim 0104/Aceh Timur bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Langsa melaksanakan donor darah menyusul menipisnya stok darah yang tersedia di PMI setempat.

Dandim 0104/Atim Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, Senin, menjelaskan ditengah-tengah situasi mewabahnya virus Corona baru atau COVID-19 di wilayah Indonesia, khususnya di Kota Langsa dan Aceh Timur perlu dilaksanakan langkah proaktif semua pihak sebagai upaya  pencegahan untuk menyiapkan segala sesuatu berkaitan dengan dukungan di bidang kesehatan.

Jajaran TNI AD dan khususnya Kodim 0104/Atim memberikan perhatian serius terhadap hal-hal yang berkenaan dengan bidang sosial kesehatan, dengan melaksanakan kegiatan donor darah bertujuan untuk membantu PMI dan masyarakat.

“Salah satu yang dapat kita lakukan dalam mengantisipasi kekurangan stok darah di PMI Kota Langsa saat ini yakni dengan donor darah yang melibatkan personil Kodim 0104/Atim bekerja sama dengan PMI Kota Langsa,” ungkapnya.

Lebih lanjut Dandim mengungkapkan, dalam menghadapi semakin meningkatnya penyebaran Virus Corona dan dengan penerapan social distancing serta physical distancing sudah barang tentu akan semakin berkurangnya partisipasi masyarakat untuk melakukan donor darah. Oleh karena itu upaya kita membantu PMI untuk menyediakan stok darah menjadi sangat penting.

“Dalam kegiatan donor darah ini tidak banyak melibatkan personel, karena hal-hal yang berkaitan dengan social distancing tersebut seperti tidak berkerumun dan menjaga jarak tetap kami terapkan dengan baik,”papar Dandim.

Sementara itu, perwakilan PMI Kota Langsa Hengki Syahjaya dan  P2D2S dan Humas UDD PMI Kota Langsa dr Zuraida,  mengatakan stok darah di PMI saat ini memang berkurang akibat diberlakukannya social distancing, sehingga masyarakat membatasi diri untuk keluar rumah. 

“Ke depannya kami berharap partisipasi masyarakat dan instansi lainnya untuk ikut menyumbangkan darahnya sehingga ketersediaan darah di Kota Langsa dapat tetap terpenuhi,” harapnya.

Pewarta: Hayaturrahmah

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020