Warga berinisial AJ, 60 tahun, pasien positif COVID-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainoel Abidin Banda Aceh menunggu hasil uji swab tenggorokan yang ketiga dari Balitbangkes Kemenkes RI.

Direktur RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh dr Azhruddin, Rabu, mengatakan kondisi kesehatan pasien tersebut secara umum terus membaik. Untuk pasien itu tim media sedang menunggu hasil swab test yang ketiga, apakah masih menunjukkan positif atau negatif COVID-19.

Baca juga: Hasil rapid test, satu dokter di RSUD Cut Meutia positif COVID-19

Baca juga: Empat warga Pesisir Selatan positif COVID-19

"Kondisinya baik, mungkin kita tunggu hasilnya dalam beberapa hari. Secara umum, kondisinya baik, sehat, tidak ada kondisi kritis jadi kita tinggal menunggu uji ke tiga ini," katanya di Banda Aceh.

Pasien tersebut telah tes kedua, namun hasilnya positif COVID-19, sehingga harus melanjutkan perawatan di respiratory intensive care unit (RICU) RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh.

Menurut dia, pasien tersebut tidak hanya terkonfirmasi menderita positif COVID-19, tetapi juga memiliki penyakit lain yang membuat dirinya harus tetap mengikuti perawatan medis.

Baca juga: Warga Langsa meninggal dunia dalam mobil di Aceh Timur

Disamping itu, dr Azharuddin menyampaikan para tim medis yang menangani pasien COVID-19 di rumah sakit tersebut dalam kondisi sehat. Bahkan 20 orang tim medis juga telah melakukan swab test, yang hasilnya negatif.

"Sehat mereka. Artinya, kita bersyukur kenapa negatif, karena memang mereka menggunakan APD yang standar menggunakan proteksi diri yang bagus, pelayanan yang bagus. Sebelumnya mereka juga sudah diisolasi," katanya.
 

Pewarta: Khalis Surry

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020