Polres Lhokseumawe menyediakan alat pelindung diri (APD) untuk personil Polantas saat bertugas guna memaksimalkan pelayanan lalu lintas dan  upaya membantu pencegahan penyebaran COVID-19.

"Kita sudah membekali personil polisi lalulintas dengan alat pelindung diri dengan tujuan memaksimalkan pelayanan lantas kepada masyarakat saat bertugas di lapangan," kata Kapolres Lhokseumawe AKBP Ari Lasta Irawan melalui Kasat Lantas AKP W Rachmat jayadi di Mapolres Lhokseumawe, Rabu (8/4).

Baca juga: PHE NSB - NSO serahkan alat bantu pencegahan COVID-19

Dikatakannya, pemakaian APD ini juga untuk mendukung personil dalam melaksanakan operasi keselamatan Rencong yang digelar mulai tanggal 6-19 April 2020 dalam rangka menciptakan kondisi aman menjelang Idul Fitri serta sebagai antisipasi ditengah mewabahnya COVID-19.

"Jadi ditengah mewabahnya virus tersebut anggota Satlantas tetap memberikan pelayanan prima khususnya menangani dan menerima laporan kecelakaan lalu lintas dan anggota Satlantas sudah dilengkapi dengan APD saat menuju TKP guna mengantisipasi penyebaran COVID-19," katanya.

Baca juga: Pemkab Aceh Besar distribusikan APD dan disinfektan

Kemudian kata Rachmat, keperluan APD yang ada saat ini adalah perlengkapan inventaris dinas yaitu jas hujan pembagian lantas serta ditambahkan bagian kecil lain seperti masker, alat pelindung wajah (face shield), sarung tangan karet dan sepatu boot.

"Kita sudah serahkan perlengkapan APD kepada personil Polantas," kata dia.

Baca juga: Aceh terima ribuan alat pelindung diri COVID-19

Dikatakannya lagi, evakuasi korban laka lantas di TKP nantinya dilakukan oleh personil unit laka lantas dengan menggunakan APD lengkap, terutama dlm mendatangi TKP sampai dengan menolong korban utk memastikan kondisinya di rumah sakit terdekat.

"Hal itu tentunya untuk mencegah penularan dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19 tersebut," kata Rachmat.

Sebelumnya Polres Lhokseumawe juga sudah melakukan berbagai langkah dan upaya untuk mencegah penyebaran wabah COVID-19, mulai dari imbauan kamtibmas, penyemprotan desinfektan hingga pembagian masker kepada pengguna jalan.

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020