Lima program studi di Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam berhasil meraih akreditasi internasional, yang dikeluarkan oleh Indonesian Accreditation Board For Engineering Education (IABEE), kata pejabat setempat.

“Akreditasi internasional ini merupakan yang pertama kalinya di Unsyiah dan untuk meraih predikat tersebut harus memenuhi syarat yang telah ditetapkan,” kata Dekan Fakultas Teknik Unsyiah Dr Taufiq Saidi di Darussalam, Jumat.

Adapun kelima Prodi tersebut masing-masing Teknik Kimia, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro dan Teknik Geofisika.

Ia menjelaskan kelima Prodi tersebut memiliki kriteria disiplin yang berbeda yakni untuk Teknik Sipil dengan kriteria Civil and Similarly-named Engineering Programs version 2016 dan Teknik mesin dengan kriteria Mechanical and Similarly-named Engineering Programs version 2016.

Selanjutnya Teknik Kimia dengan kriteria Chemical, Biochemical, and Similarly named Engineering Programs version 2016, Teknik Elektro kriterianya adalah Electrical, Computer, Communications, Telecommunication and Similarly-named Engineering Programs version 2016 dan Teknik Geofisika dengan kriteria Earth and Energy Engineering Programs 2018.

Menurut dia, untuk meraih predikat tersebut banyak kriteria yang harus dipenuhi misalnya program studi tersebut harus menerapkan Outcome-Based Education (OBE) berbasis hasil yang memastikan mahasiswa mencapai hasil pembelajaran tertentu (pengetahuan, keterampilan, dan sikap) yang diperlukan untuk praktik profesi teknik setelah lulus menjadi Sarjana Teknik.

“Terakreditasi IABEE memastikan lulusan program studi memiliki standar kompetensi yang sesuai, atau melebihi standar internasional untuk pendidikan tinggi teknik yang paling luas diakui Washington Accord,” kata Taufiq.

Rektor Unsyiah Prof Samsul Rizal mengatakan pencapaian tersebut merupakan sebuah kebanggaan kolektif, baik bagi Unsyiah maupun masyarakat Aceh, karena raihan akreditasi ini setidaknya menunjukkan bahwa reputasi Unsyiah telah diakui di dunia internasional.

Selama ini Fakultas Teknik Unsyiah juga telah memberikan kontribusi yang besar bagi bangsa ini salah satunya melalui Berbagai kajian dan riset yang dihasilkan Fakultas Teknik Unsyiah.

Rektor juga menyampaikan terima kasih kepada Civitas Akademika Fakultas Teknik yang telah bekerja keras untuk meraih prestasi tersebut.

“Alhamdulillah, ini sebuah kebanggaan kita bersama, karena prestasi ini, nama Unsyiah semakin diperhitungkan dan pencapaian ini juga kian memotivasi kita untuk terus berbuat lebih banyak bagi bangsa ini,” kata dia.

Pewarta: M Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020