PT Pegadaian Syariah Cabang Kuala Simpang menyatakan akan mengratiskan biaya pembukaan buku tabungan emas Rp40 ribu kepada nasabah yang membuka tabungan emas melalui aplikasi Pegadaian digital dengan topup tabungan Rp100 ribu.

"Ini khusus kita berikan kepada nasabah yang mendaftar menggunakan melalui aplikasi, sementara untuk manual, cukup dengan uang Rp50 ribu sudah bisa membuka tabungan emas dan memiliki emas," kata Kepala PT Pegadaian Cabang Kuala Simpang, Achmad Sugeng dihubungi di Banda Aceh, Kamis.

Ia menjelaskan untuk menjadi nasabah atau memiliki tabungan emas, setiap orang tidak perlu menunggu dana terkumpul dalam jumlah besar, karena dengan dana minimal Rp50 ribu sudah memiliki tabungan dan sedikit emas dalam tabungan yang disesuaikan dengan harga emas pada hari pembukaan tabungan.

Kemudian untuk menabung nasabah juga tidak perlu harus memiliki uang jutaan rupiah, dengan uang minimal Rp9 ribu  juga bisa menabung emas, di mana uang tersebut akan dikalkulasikan dalam bentuk emas sesuai dengan harga jual pada hari transaksi.

"Tabungan emas memiliki banyak keunggulan seperti mudah dan aman serta juga dapat digadaikan kembali jika nasabah membutuhkan dana segar sesuai dengan saldo tabungan emas yang ada," katanya.

Menurut dia emas merupakan salah satu instrumen yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di dunia khususnya Aceh untuk melindungi nilai kekayaan dan juga mudah diuangkan dalam waktu mendesak.

Ia mengatakan pihaknya juga terus meningkatkan literasi kepada masyarakat di daerah setempat untuk memanfaatkan produk tabungan emas untuk menyimpan emas secara aman dan nyaman.

"Emas yang ada di PT Pegadaian Syariah tersimpan dengan sangat aman dan nyaman. Kalau kita menyimpan di rumah pasti akan diselimuti rasa kekhawatiran," katanya.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020