Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyatakan sampai sejauh ini belum ada laporan terkait adanya daerah yang melanggar tausiah Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh terkait tidak melaksanakan pawai takbir keliling lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah.

“Sejaun ini memang belum ada laporan ada daerah yang melanggar tausiah MPU dan kita berharap jangan sampai ada,” kata Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah di Banda Aceh, Sabtu malam.

Ia menjelaskan terkait imbauan untuk tidak melaksanakan pawai takbir keliling sudah disampaikan dalam tausiah MPU dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19.

“Ini merupakan ranahnya MPU dan Tausiah yang disampaikan oleh MPU tersebut harus dipatuhi oleh seluruh daerah,” katanya.

Dalam kunjungan tersebut, Plt Gubernur Aceh turut didampingi Ketua DPRA, Jamaluddin, Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada, Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Hassanudin dan unsur pimpinan lainnya.

Pantauan wartawan ANTARA di Banda Aceh, suasana Kota Banda Aceh memang tidak sepadat seperti lebaran sebelumnya saat pelaksanaan pawai takbir keliling yang digelar di halaman depan Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

Hanya beberapa ruas jalan protokol Banda Aceh yang terlihat adanya kemacetan kendaraan bermotor masyarakat yang memadati sejumlah pusat perbelanjaan pada malam lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah.

“Setiap tahun saya menyempatkan diri untuk menyaksikan pawai takbir di Banda Aceh, namun malam ini saya ke sini untuk berbelanja saja dan jalan-jalan,” kata Firman salah seorang warga Aceh Besar.

Meski pawai takbir tidak dilaksanakan, lantunan takbir menggema di seluruh masjid dan juga meunasah yang ada di Banda Aceh dan Aceh Besar khususnya termasuk  kabupaten/kota lainnya.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020