Forkopimda Aceh Besar meninjau kesiapan Pos Pelayanan Operasi Ketupat Rencong tahun 2020 di 2 titik, yaitu di simpang bundaran Lambaro, kecamatan Ingin Jaya, serta simpang Aneuk Galong, kecamatan Suka Makmur dalam upaya memastikan kenyamanan pengendara kendaraan bermotor selama lebaran.

“Peninjauan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang bertujuan untuk memastikan kesiapan baik sarana maupun personel yang nantinya akan berjaga di pos tersebut. Pos ini setiap tahun diadakan dalam rangka menyambut lebaran,” kata Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali di Aceh Besar, Sabtu malam.

Dirinya memberikan apresiasi kepada  para petugas yang telah memulai bekerja pada pos pengamanan dari awal bulan Ramadhan. 

Terkait pencegahan Covid-19 pada waktu lebaran, Mawardi Ali meminta kepada masyarakat agar sebisa mungkin untuk mengikuti protokol kesehatan dari pemerintah. 

“Pemerintah Aceh Besar tidak melarang shalat Idul fitri berjamaah di seluruh wilayah Kabupaten Aceh Besar. Namun dalam pelaksanaan tetap mengikuti sejumlah protokol kesehatan yang berlaku seperti untuk tidak berkerumun, jaga jarak dan memakai masker,” katanya.

Ia juga mengingatkanbagi masyarakat yang merasa dirinya kurang sehat, agar sebisanya untuk shalat di rumah, karena dalam islam, diperbolehkan shalat idul fitri di rumah dalam situasi tertentu.

“Kita juga telah mengarahkan setiap gampong, apabila terdapat pendatang, ataupun warga gampong yang baru pulang merantau, lebih lagi dari Zona Merah, wajib karantina mandiri di rumah, atau juga bisa di rumah singgah yang sudah tersedia di setiap kecamatan se Aceh Besar,” katanya.

Kapolres Aceh Besar, AKBP Riki Kurniawan mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan dalam melakukan pengamanan pada Operasi Ketupat Rencong tahun 2020. 

"Kita telah menempatkan anggota di sejumlah titik, juga di Terminal Saree kita bersama-sama dengan pihak Dinkes, Satpol PP serta Dishub, melakukan pemeriksaan kepada seluruh angkutan pribadi maupun umum yang masuk ke wilayah Aceh Besar, suhu tubuh seluruh penumpang diperiksa, dan diwajibkan memakai masker".

Turut mendampingi dalam kegiatan tersebut Sekda Aceh Besar Iskandar, Asisten Pemerintahan & Kesra Abdullah, Kadishub Aceh Besar Azhari, Kabag Humas Setdakab Aceh Besar Muhajir, serta Kabag Umum Setdakab Aceh Besar Muwardi.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020