Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman mengapresiasi seluruh gampong (desa) di Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh akibat telah menuntaskan penyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) berasal dari dana desa bagi 964 Kepala Keluarga (KK) yang berhak menerima.

"Semua gampong di Baiturrahman sudah tuntas menyalurkan BLT sebelum berakhirnya bulan Mei, bahkan ada yang disalurkan sebelum Hari Raya (Idul Fitri). Ini pantas mendapatkan apresiasi," ujar Aminullah di pendopo wali kota Banda Aceh, Ahad.

Ia mengatakan, apa yang telah dilakukan oleh ke-10 gampong dalam wilayah Kecamatan Baiturrahman merupakan langkah tepat, karena seluruh warga yang berhak menerima BLT tersebut sangat membutuhkan.

Pemerintah Kota (Pemkot) Banda Aceh menilai gampong-gampong di Kecamatan Baiturrahman ini, telah menjalankan program pemerintah lebih cepat dari semestinya, dan layak mendapat apresiasi dari pihaknya.

"Mereka sangat membutuhkan bantuan ini, ketika perekonomian keluarga sedang sulit di tengah pandemi COVID-19 dan juga dapat digunakan untuk kebutuhan hari raya," kata Wali Kota Aminullah.

Wali kota mengatakan, tuntasnya penyaluran BLT di wilayah Kecataman Baiturrahman tidak terlepas dari komunikasi dan koordinasi yang dibangun dengan baik antara camat dengan keuchik (kepala desa), perangkat gampong, dan pihak-pihak lain termasuk dinas terkait.

Pihaknya juga mengapresiasi langkah cepat seluruh pihak di kecamatan tersebut dalam melakukan sinkronisasi data, sehingga BLT berhasil disalurkan lebih cepat.

Seperti diketahui, bantuan yang bersumber dari dana desa tersebut tidak diperbolehkan bagi warga yang sudah menerima bantuan dari program-program pemerintah, seperti kartu pra kerja, program keluarga harapan, dan lain sebagainya.

"Ini patut ditiru oleh gampong-gampong di kecamatan lain. Bagaimana sinkronisasi data, kemudian komitmen, dan kerja keras telah ditunjukan, sehingga bantuan berhasil disalurkan lebih cepat. Apalagi BLT tersebut dapat dimanfaatkan oleh warga di saat yang tepat, dimana saat warga membutuhkan seperti hari raya," terang mantan dirut Bank Aceh ini.

Camat Baiturrahman, Muhammad Rizal sebelumnya menyampaikan laporan kepada wali kota bahwa BLT yang bersumber dari dana desa telah selesai disalurkan kepada seluruh penerima. 

Ia mengaku, BLT tersebut merupakan bantuan tahap pertama, setiap penerima mendapatkan dana Rp600 ribu per bulan untuk kurun waktu selama 3 bulan.

Kata Rizal, gampong-gampong yang telah selesai menyalurkan BLT ini, yakni Sukaramai, Kampung Baru, Seutui, Peuniti, Neusu Aceh, Ateuk Munjeng, Ateuk Jawo, Ateuk Pahlawan, Neusu Jaya, dan Ateuk Deah Tanoh.
 

Pewarta: Muhammad Said

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020