Kegiatan donor darah aparatur sipil negara (ASN) dan non ASN Provinsi Aceh bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Banda Aceh berhasil mengumpulkan 480 kantong darah.

“PMI menyampaikan terima kasih dan memberikan penghargaan luar biasa kepada Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah yang telah menginstruksikan ASN dan non ASN di lingkungan Pemerintah Aceh untuk mendonorkan darahnya di PMI,” kata Ketua PMI Banda Aceh, Qamaruzzaman Haqni di Banda Aceh, Jumat.

Ia menjelaskan kegiatan donor darah bersama seluruh pegawai pemerintah Aceh itu baru pertama dilakukan atas instruksi langsung Plt Gubernur kepada seluruh SKPA, dan didata secara faktual menurut jenjang eselon dan staf serta tenaga kontrak. 

Menurut dia Nova Iriansyah dan Sekda Aceh, Taqwallah adalah pendonor rutin. Sekda bahkan mendapatkan penghargaan PMI karena rutin mendonor, dan tercatat telah mencapai 25 kali. 

"Ini program kerja nyata membantu pasien yg membutuhkan darah dalam rangka menyambung nyawa,” katanya.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto mengatakan kegiatan tersebut akan terus berlanjut dan jumlah yang terkumpulkan tersebut akan terus bertambah.

Menurut dia jumlah kantong darah tersebut akan bertambah lebih banyak, karena kegiatan donor darah tersebut telah terjadwal hingga 16 Juni 2020.

Iswanto merinci, pada Senin 8/6, aksi donor darah akan berlangsung di Dinas Pendidikan dan Dinas Arsip dan Perpustakaan, Selasa 9/6, donor darah akan berlangsung di Bappeda Aceh, Katibul Wali/ Sekretariat Lembaga Wali Nanggroe Aceh dan Dinas Pendidikan Dayah.

Selanjutnya pada hari Rabu 10/06 akan berlangsung di Dinas Pekerjaan Umum dan Pengairan serta Rumah Sakit Ibu Anak, Kamis, 11/6 akan berlangsung di Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Aceh, Jumat, 12/6 di Dinas Perhubungan Aceh dan Dinas Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah

Selanjutnya Pada hari Senin, 15/6 donor darah akan dilanjutkan di Dinas Pangan dan Sekretariat Badan Reintegrasi Aceh dan Selasa, 16/6, akan berlangsung donor darah di Rumah Sakit Jiwa Aceh dan Dinas Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Aceh.

"Pagi ini donor darah di kantor Satpol PP&-WH Aceh dan Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh. Malamnya ada di Dekmi Kupi Rukoh. Jadi masyarakat umum ayo juga membantu PMI mengumpulkan darah, bisa langsung ke Dekmi Kupi malam nanti setelah Magrib," kata Iswanto.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020