Sebanyak lima orang warga Provinsi Aceh terkonfirmasi positif COVID-19, dengan begitu daerah dengan julukan Tanah Rencong tersebut telah mencatat 27 kasus warga yang positif virus corona.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh dr Hanif, Minggu, membenarkan penambahan lima kasus positif COVID-19. Kelima pasien tersebut berasal dari Kota Lhokseumawe.

Baca juga: Enam warga Darul Makmur Nagan Raya ditangkap saat main judi

Baca juga: Seorang PJ Keuchik di Abdya mundur, Proses penyaluran BLT tertunda

"Iya benar (ada penambahan kasus COVID-19)," kata dr Hanif, saat dikonfrimasi di Banda Aceh.

Hanif menjelaskan, hasil konfirmasi positif COVID-19 lima pasien tersebut telah keluar Sabtu (13/6) malam. Kini, kelima pasien tersebut dirawat di RSUD Cut Mutia Kota Lhokseumawe.

Hanif masih belum dapat menjelaskan secara detail riawayat perjalanan kelima pasien tersebut. Namun, dia menyebutkan kelima pasien itu ada hubungan keluarga dengan pasien COVID-19, yakni pasangan suami istri (pasutri) asal Lhokseumawe berinisial MS dan DL.

Baca juga: Satu pasien positif COVID-19 dan PDP meninggal dunia

Baca juga: Remaja belasan tahun tewas tenggelam Pucok Krueng Lhoknga Aceh Besar

"Iya keluarga pasutri. (Riwayat perjalanan) belum tahu, lagi ditelusuri," kata Hanif. 

Penambahan lima kasus COVID-19 sekaligus dalam sehari menjadi yang perdana di daerah Serambi Mekkah itu. Biasanya penambahan kasus COVID-19 di Aceh rata-rata satu kasus.

"(Hasilnya keluar) tadi malam," kata Hanif, menjelaskan saat ditanya kapan hasil swab lima pasien tersebut keluar.

Secara kumulatif, Aceh mencatat 27 kasus positif COVID-19 dengan rincian 19 orang telah sembuh, satu meninggal dunia, dan tujuh orang masih dalam perawatan.

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020