Sebanyak 31 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) kembali menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) Tahap-III Tahun 2020 di Gampong Jungka Gajah, Kecamatan Darul Aman, Kabupaten Aceh Timur.

“BLT-DD yang kami salurkan ini untuk meringankan beban masyarakat yang menerima dampak dari pandemi wabah COVID-19. Mudah-mudahan, BLT-DD dengan angka Rp600 ribu per Kepala Keluarga (KK) ini bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan yang mendesak, seperti membeli sembako,” kata Keuchik Gampong Jungka Gajah, Muhammad Nasir disela-sela Penyalurkan BLT-DD Tahak-III, Jumat.

Dikatakannya, penyerahan BLT-DD tahap pertama dan kedua telah dilakukan sebelumnya dengan angka Rp37,2 juta untuk 31 KPM.

 “Dalam penyaluran BLT-DD tahap ketiga ini kita menyalurkan Rp18,6 juta juga untuk 31 KPM sesuai hasil verifikasi dan hasil Musyawarah Desa (Musdes),” sebut Muhammad Nasir di dampingi Sekretaris Gampong Jungka Gajah, Ihsan Ishak.
 
Dia mengaku, penyaluran BLT-DD dialokasi dalam APBDes Perubahan Tahun Anggaran 2020. Bahkan saat ini sedang mempersiapkan data untuk proses pengajuan BLT-DD tiga bulan kedepan terhitung Juli, Agustus dan September.

Sementara itu, Camat Darul Aman Teuku Muyazir dalam kesempatan itu hadir dan ikut menyerahkan BLT-DD ke warga. Dalam kesempatan itu pihaknya mengapresiasi kinerja aparatur desa setempat, karena dalam proses pendataan dan verifikasi serta penyerahan BLT-DD ke warga benar-benar transparan.
 
“Kita berharap, ke-45 desa dalam kecamatan ini segera menyalurkan BLT-DD tahap ketiga dapat menyalurkan BLT-DD tepat waktu, sehingga masyarakat bisa menikmatinya dan memanfaatkan untuk kebutuhan selama pandemi wabah COVID-19,” ujar Teuku Muyazir seraya meminta laporan penyaluran BLT-DD segera disusun dan dilaporkan sesuai ketentuan.

Sebagaimana diketahui, sebanyak 49 desa disejumlah kecamatan belum menyalurkan BLT-DD tahap pertama dan 313 belum menyalurkan BLT-DD tahap kedua. Pihak Program Pemberdayaan Pembangunan Masyarakat Desa (P3MD) Aceh Timur, berharap segera disalurkan, karena calon KPM sudah menunggu pencairan.

Pewarta: Hayaturrahmah

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020