Anggota  Komisi X DPR, Dr Muhammad Kadafi mengapreasiasi pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020 yang berlangsung di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam, Banda Aceh, Minggu.

“Kami sangat mengapresiasi atas kesiapan Unsyiah dalam menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaan ujian masuk perguruan tinggi dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19 di Aceh,” katanya di sela-sela meninjau kangsung pelaksanaan UTBK di Unsyiah, Banda Aceh.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa yang turut didampingi Rektor Unsyiah Prof Samsul Rizal menjelaskan apa yang dilakukan mencerminkan bahwa Unsyiah merespon cepat atas kondisi-kondisi luar biasa seperti wabah COVID-19 yang saat ini masih berlangsung.

“Saya lihat protokol kesehatan di Unsyiah sudah dilaksanakan dengan tertib dan benar. Proses tempat duduk dan pemberian informasi bagi peserta juga cukup baik,” katanya.

menurut dia kegiayan tersebut secara tidak langsung juga turut mengedukasi masyarakat untuk disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Apalagi dalam memasuki fase normal baru.

Kadafi mengajak seluruh peserta UTBK untuk memahami bahwa kondisi sekarang tidak sama dengan sebelumnya, sebagai contoh, peserta ujian harus menggunakan masker dan sarung tangan dalam menjawab soal. 

Rektor Unsyiah, Prof Samsul Rizal mengatakan Unsyiah sangat memperhatikan kesehatan atau keselamatan peserta ujian. 

Karena itu,  proses pelaksanaan ujian dengan menerapkan protokol kesehatan tersebut telah disiapkan jauh hari sebelum pelaksanaan.

Kegiatan ini juga telah mendapat izin dari Gugus Tugas COVID-19 Kota Banda Aceh dan Unsyiah juga telah melakukan kegiatan simulasi agar seluruh panitia pelaksana bisa memahami dan menerapkan dengan baik protokol kesehatan di lapangan.

“Semua ini kita persiapkan, agar anak-anak kita yang melaksanakan UTBK ini bisa terjamin keselamatannya. kita akan terus  berdoa dan menguatkan ikhtiar, agar wabah ini segera berakhir, ” kata Rektor.

Pelaksanaan UTBK dimulai sejak tanggal 5 – 12 Juli 2020. Adapun jumlah peserta UTBK untuk jalur SBMPTN  di Unsyiah pada tahun ini berjumlah 9.269 peserta. 

UTBK merupakan syarat utama bagi siswa yang akan melanjutkan studinya ke perguruan tinggi melalui jalur SBMPTN dan Mandiri. Semua proses pelaksanaan berada  di bawah koordinasi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020