Seorang anggota Polri di Mapolsek Kuala, Kabupaten Nagan Raya, Aceh, Bripka Sari Fachrurrazi berhasil memodifikasi kendaraan dinas menjadi kendaraan alat pemadam kebakaran.

Anggota Babinkamtibmas tersebut menggunakan kendaraan dinas untuk membantu masyarakat memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah tugasnya.

"Alhamdulillah, selain berfungsi sebagai sarana transportasi, kendaraan dinas ini juga berfungsi sebagai alat pemadam kebakaran untuk membantu masyarakat, sekaligus memadamkan api saat terjadi kebakaran hutan dan lahan di Nagan Raya," kata Kapolres Nagan Raya, Aceh, AKBP Risno SIK diwakili Kapolsek Kuala, Ipda Faisal Riza, Sabtu di Suka Makmue.

Selama ini, kata Faisal Riza, kendaraan dinas modifikasi tersebut telah digunakan untuk kegiatan sosial membantu masyarakat di desa.

Ide modifikasi ini muncul, kata dia, setelah Bripka Sari Fachrurrazi berniat membantu masyarakat karena di wilayah tugasnya, sering terjadi kebakaran hutan dan lahan.
Petugas kepolisian Polsek Kuala, Polres Nagan Raya, Aceh melakukan simulasi pemadaman karhutla menggunakan sepeda motor dinas Babinkamtibmas modifikasi yang dipusatkan di Alun-Alun Suka Makmue, Nagan Raya, Sabtu (18/7/2020). (ANTARA/HO. Dok Polsek Kuala Polres Nagan Raya Aceh)

Apalagi selama ini, orangtua Sari Fachrurrazi merupakan montir sepeda motor dan berpengalaman dalam memodifikasi kendaraan bermotor.

Karena dinilai bermanfaat, ide cemerlang tersebut mendapatkan dukungan dari atasan Fachrurrazi, termasuk dukungan penuh dari Kapolres Nagan Raya, AKBP Risno SIK.

Ia menambahkan, dalam simulasi yang dipusatkan di Alun-Alun Suka Makmue, Nagan Raya, Aceh, menggunakan dua alat pompa air dan satu unit sepeda dinas Bhabinkamtibmas Bripka Sari Fachrurrazi yang sudah di modifikasi.

Upaya pemadaman karhutla yang diikuti puluhan personel Polres Nagan Raya tersebut berhasil.

Rencananya, sepeda motor Babinkamtibmas modifikasi tersebut akan terus digunakan untuk membantu pemadaman karhutla di Nagan Raya, Aceh, sekaligus membantu masyarakat yang tertimpa musibah, kata Ipda Faisal Riza.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020