Puncak geurute di Kabupaten Aceh Jaya menjadi salah satu ikon pariwisata, dan hampir setiap akhir pekan ramai dikunjungi, termasuk hari libur lebaran Idul Adha 1441 Hijriah.

Pada Senin, seribuan wisatawan lokal dari berbagai daerah di Aceh Jaya, Kota Banda Aceh, Aceh Besar dan Pidie, memadati puncak Geurute sehingga arus kendaraan di ruas jalan diobjek wisata tersebut, macet.

Masyarakat menikmati eksotisnya panorama alam perairan laut Samudera Hindia dari ketinggian puncak Gunung Geurute.

"Keren panoramanya. Suasana batin terhibur rasanya bersantai sambil menikmati suguhan air kelapa muda yang disajikan pedagang ini," kata Sauqi, wisatawan lokal asal Jantho, Aceh Besar.

Agam, pedagang di puncak Geurute atau sekitar 70 kilometer arah barat Kota Band Aceh, menjelaskan setiap kahir pekan ramai pengunjung dan ada juga wisatawan dari luar Aceh menikmati panorama indah perairan laut kawasan Aceh Jaya ini.

"Sebelum pandemi COVID-19, ada juga tamu dari luar  Aceh, misalnya dari Medan dan Pekanbaru kesini, mereka bersama keluarga terutama pada hari hari libur panjang, disini kebanyakan tamu berswafoto," katanya.

Namun, kata dia, dalam beberapa pekan terakhir juga ramai pengunjung khususnya dari Banda Aceh dan Aceh Besar, apalagi sedang musim durian. 

"Kalau lagi musim durian di Aceh Jaya ya tambah ramai, dua hari lalu atau Sabtu-Minggu, puncak ini macet karena arus kendaraan yang padat. Pengunjung dapat menikmati buah durian dan indahnya panorama alam puncak Geurutee," kata Agam.

Pewarta: Azhari

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020