Banda Aceh, 1/9 (Antaraaceh) - Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Aceh akan menghimpun berbagai informasi dari para peneliti, penyuluh, akademisi dan praktisi untuk pengembangan teknologi spesifik lokasi berbasis sumberdaya lokal.
"Berbagai informasi dari para peneliti, penyuluh, akademisi dan praktisi kita harapkan dapat terhimpun dalam seminar yang akan kami lakukan nanti," kata Kepala BPTP Aceh  Basri A Bakar di Banda Aceh, Senin.
Dijelaskan, BPTP Aceh akan menggelar seminar regional wilayah Sumatera dan pameran agro inovasi sebagai rangkaian memperingati 40 tahun Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Badan Litbangtan), pada 2-5 September 2014.
Kegiatan itu juga dalam rangka menyambut bulan bhakti agroinovasi melalui tema "Teknologi Spesifik Lokasi melalui Pemanfaatan Sumberdaya Lokal Menuju Pertanian Ramah Lingkungan".
Sejumlah  Kepala BPTP dari luar Aceh  seperti dari Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan  BPTP se Sumatera dipastikan hadir pada event tersebut.
Basri A Bakar, menjelaskan tujuan seminar itu juga sebagai ajang untuk mensosialisasikan inovasi teknologi pertanian yang dihasilkan Badan Litbang Pertanian di Tanah Air.
"Harapan kami tentunya melalui kegiatan itu nantinya dapat merumuskan kebijakan dan strategi dalam pemanfaatan hasil penelitian/pengkajian sehingga mempercepat empat target sukses Kementerian," katanya menambahkan.
Para pemateri yang akan tampil pada seminar sehari itu antara lain dari Ketua Bappeda Aceh Abdul Karim, praktisi pertanian Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. "Kegiatan ini terlaksana atas kerja sama BPTP Aceh dengan fakultas Pertanian Unsyiah Darussalam Banda Aceh," kata Basri A Bakar.
Ketua Panitia pelaksana Cut Nina Herlina, menjelaskan sampai saat ini jumlah makalah yang masuk ke panitia mencapai 80 buah terdiri 30 makalah oral dan 50 makalah poster.
Pewarta : Azhari

Pewarta:

Editor : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2014