Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah, meninjau langsung pelaksanaan seleksi Calon Praja IPDN sesi 2 di Aceh yang dilaksanakan di Kantor Regional BKN XIII Aceh.

"Tetap semangat dan jangan lupa berdoa. Insya Allah akan mendapatkan hasil terbaik," kata Nova Iriansyah di Aceh Besar, Kamis.

Dalam kesempatan tersebut Nova Iriansyah juga menanyakan langsung jumlah peserta adal Aceh yang ikut seleksi Praja IPDN.

Kepala Kantor BKN Regional XIII, Ojak Murdani menjelaskan bahwa sebanyak 1.953 peserta dari Aceh ikut seleksi Praja IPDN. 

Para peserta tersebut akan ikut seleksi selama 21 hari, terhitung sejak tanggal 5 hingga 26 Agustus 2020. 

Ia mengatakan hingga hari ini ada tiga sesi dan sesi siang ini ada 34 orang yang ikut seleksi.

Ojak mengatakan peserta mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). 

Metode dengan alat bantu komputer ini digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar yang juga digunakan dalam seleksi CPNS. 

Menurut dia dengan metode tersebut, peserta tes bisa mengetahui langsung hasil akhir dari ujian yang mereka ikuti.

Ojak mengatakan, pada pelaksanaan SKD kali ini, panitia memutar hasil tes peserta secara realtime melalui platform youtube guna menghindari penyebaran COVID-19. 

“Biasa monitornya kita tempatkan di luar sehingga masyarakat umum dan keluarga bisa menyaksikan langsung hasil tes. Tapi kali ini keluarga peserta bisa menyaksikan dari rumah, sehingga tidak terjadi penumpukan massa di lokasi tes,” kata Ojak.

Peserta yang lolos seleksi SKD akan mengikuti tes kesehatan tahap pertama yang akan digelar di daerah masing-masing dan tes kesehatan tahap kedua akan berlangsung di tingkat pusat.

Nilai ambang batas SKD sekolah kedinasan itu  adalah 271, di mana untuk hasil Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)  nilainya minimal 65, Tes Inteligensi Umum (TIU) dengan nilai minimal 80 dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan nilai minimal 126.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020