Buku seri biografi tokoh Aceh Tgk H Imam Syuja' yang berjudul Dari Ujung Pena Ke Ujung Lidah, akan diluncurkan oleh melalui aplikasi virtual zoom meeting dari Kantor Bandar Publishing, di Lamgugop, Kota Banda Aceh.

Manager Bandar Publishing Nurmasyithah, Sabtu, mengatakan penerbitan buku tersebut telah lama direncanakan, namun baru dapat terbit saat memontum perdamaian Aceh ke 15, Sabtu (15/8) pada pukul 20.00 WIB nanti.

"Buku ini kami biaya penerbitan, sebagai wujud menghargai para penulisnya dan tokoh yang ditulis," kata Nurmasyithah, di Banda Aceh.

"Almarhum Imam Syuja' telah banyak berkontribusi bagi damai Aceh, generasi berikutnya wajib mengetahui tokoh-tokoh Aceh sebagai ruang pembelajaran," ujarnya, menambahkan.

Menurut dia, banyak tokoh Aceh yang telah berdedikasi untuk perdamaian Aceh, dan perlu diingat para generasi sekarang. Buku itu menjadi media pengingat agar fakta tidak menjadi dongeng di Aceh pada masa yang akan datang.

Lanjut dia, buku Imam Syuja' ditulis oleh Murizal Hamzah dan Sadri Odang Jaya dengan editor Mashudi. Para penulis ada  menetap di Aceh Singkil, Banten, dan Jakarta. 

Buku itu setebal 400 halaman, terdiri dari lima bagian. Bagian satu membahas sepak terjang Imam Syuja' dari Alue Bunot ke Kutaradja. Bagian kedua berjihad di Senayan, katanya.

"Bagian ketiga peran imam Syuja' dalam mediator Perdamaian Aceh. Bagian keempat Imam Syuja' dalam media. Bagian terakhir testimoni dari sahabat-sahabatnya," ujarnya.

Dalam peluncuran buku itu juga terdapat diskusi yang diisi oleh M Adli Abdullah, Kamaruzzaman Bustamam Ahmad dan, Sulaiman Tripa, dan Murizal Hamzah. Peluncuran ini juga didukung  Prodi Sosiologi Agama UIN Ar-Raniry, Yayasan Hurriah Aceh, Institute Peradaban Aceh dan Limpok Corner. 

Katanya, jika ingin mengikuti dipeluncuran dan diskusi terhadap buku tersebut, maka dapat bergabung dalam zoom meeting dengan ID: 923 4962 9625, dan Password: 970891, serta juga live streaming akun Facebook Bandar Publishing dan akun Youtube Labpsa TV, pukul 20.00 WIB.

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020