Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Tengah memulai tradisi memberikan penghargaan kepada para pegawainya dengan kinerja terbaik sebagai motivasi.

Kepala Disdukcapil Aceh Tengah Mustafa Kamal mengatakan pemberian penghargaan tersebut akan dilakukan setiap bulan untuk bisa terus menggenjot kinerja para pegawainya dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

"Peningkatan motivasi dan kapasitas pegawai merupakan suatu keniscayaan, agar kinerja organisasi dapat berjalan sesuai dengan rencana dan tujuan," kata Mustafa Kamal, Sabtu.

Menurutnya setiap pegawai merupakan aset berharga dalam sebuah organisasi. Karena itu kata dia harus terus ada upaya untuk memotivasi demi meningkatkan kesadaran terhadap tugas dan tanggungjawab serta kebersamaan dalam memberikan pelayanan terbaik.

"Pegawai nggak mesti harus semua pintar, tapi yang mau belajar dan meningkatkan kapasitas itu yang perlu," ujarnya.

Selain memberikan penghargaan kata Mustafa Kamal pihaknya juga akan memberikan peringatan kepada setiap pegawai di dinas tersebut yang memiliki kinerja buruk.

Hal itu kata dia juga akan dilakukan setiap bulannya berbarengan dengan pemilihan pegawai terbaik untuk menerima penghargaan.

"Pemberian penghargaan dan sanksi kepada pegawai juga menjadi penegasan Bapak Bupati Shabela Abubakar dalam berbagai kesempatan. Artinya harus dilakukan proses reward dan punishment untuk mewujudkan aparatur yang handal," tutur Mustafa Kamal.

Lanjutnya untuk saat ini pemberian reward tersebut sudah memasuki bulan kedua sejak dimulai pada Juni lalu.

Dua pegawai terbaik yang sudah terpilih kata Mustafa masing-masing adalah Ertika Mariandi di bulan Juni dan Satera Putra pada pemilihan Juli 2020.

"Tradisi ini akan terus kita lakukan setiap bulan. Begitu juga sebaliknya jika ada pegawai yang berkinerja lemah, maka diberikan peringatan tertulis. Ini juga sudah dilakukan," kata Mustafa Kamal.

 

Pewarta: Kurnia Muhadi

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020