Rumah Sakit Umum Cut Mutia (RSUCM) Aceh Utara saat ini merawat sembilan pasien terindikasi penyakit virus corona (COVID-19, dan empat diantaranya dinyatakan positif berdasarkan hasil swab Balitbangkes Aceh serta salah satu yang positif tersebut adalah karyawan PT PIM berinisial BM.

"Iya ada empat pasien positif COVID-19 yang dirawat di RSUCM, termasuk BM. Dan lima pasien masih menunggu hasil swab. Jadi total pasien yang dirawat sembilan orang,"kata Humas RSUCM Jalaluddin yang dihubungi dari Lhokseumawe, Rabu.

Ia menyebutkan saat ini pasien positif COVID-19 telah dirawat intensif di ruang isolasi khusus di RSUCM. Untuk pasien BM menunjukkan gejala sesak pada pernafasan.

"Empat pasien positif COVID-19 dirawat di ruang khusus isolasi, sementara lima pasien yang masih menunggu hasil swab dari Balitbangkes Aceh dirawat di ruang terpisah,"katanya.

Sementara itu, Humas PT PIM Nasrun mengatakan bahwa dari hasil swab tes tiga hari lalu, salah satu karyawan PT PIM dinyatakan positif terpapar COVID-19 dan saat ini sedang menjalankan perawatan di ruang isolasi khusus di RSUCM.

"Iya benar, hasilnya kita ketahui tiga hari lalu. Beliau (BM) saat ini sedang menjalani isolasi di rumah sakit,"katanya.

Mengetahui hal tersebut, PT PIM sudah melakukan beberapa upaya demi pencegahan penyebaran COVID-19 di lingkungannya. Sekitar 14 orang yang diyakini memiliki hubungan kontak langsung dengan pasien telah dilakukan pemeriksaan.

"14 orang yang memiliki kontak erat dengan pasien sudah dilakukan pemeriksaan. Alhamdulillah hasilnya non reaktif. Untuk keluarga pasien sendiri saat ini sedang isolasi di perumahan komplek PIM,"katanya.

Selain itu, PT PIM juga telah melakukan upaya-upaya lainnya seperti penyemprotan disinfektan di lingkungan PT PIM dan memperketat penerapan protokol kesehatan bagi karyawannya.

"Kita rutin lakukan penyemprotan disinfektan baik di lingkungan PT PIM maupun di rumah pasien. Untuk keluarga pasien yang diisolasi kita berikan makanan-makanan yang sehat agar daya tahan tubuh atau imunnya kuat,"kata Nasrun.

Pewarta: Dedy Syahputra

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020