Seorang pria berusia 34 tahun, Usman,  warga Desa Meunasah Kumbang Kecamatan Kuta Makmur Kabupaten Aceh Utara ditemukan tewas  di Waduk Lhok Gajah Sabtu (22/8) sekitar pukul 22.00 WIB.

"Korban ditemukan sudah meninggal dunia setelah beberapa jam dilakukan pencarian oleh tim gabungan dan masyarakat setempat, peristiwa tenggelamnya korban terjadi sekira pukul 18.00 WIB,"kata Kalaksa BPBD Kabupaten Aceh Utara Amir Hamzah, Minggu (23/8)

Dikatakannya, pada saat ditemukan, jasad korban tersangkut di ranting-ranting kayu dasar waduk dengan kedalaman 7,5 meter. Setelah ditemukan korban langsung dibawa ke kediamannya

"Upaya pencarian sempat terkendala, mengingat kondisi medan dan hari sudah gelap, namun berkat usaha dari tim, akhirnya korban dapat ditemukan di dasar waduk,"kata Amir Hamzah.

Ia mengimbau masyarakat agar lebih berhati-hati saat melakukan aktivitas mandi di lokasi-lokasi yang rawan.

"Sebenarnya waduk ini belum dibuka untuk umum. Jadi masyarakat harus lebih waspada dan berhati-hati saat mandi di pemandian yang dalam. Terutama bagi masyarakat yang tidak bisa berenang,"katanya.

Korban dilaporkan hilang tenggelam saat mandi di Waduk Lhok Gajah, Sabtu (22/8) sekitar pukul 18.00 WIB.

Salah seorang saksi mata Khamir menyebutkan bahwa korban hilang tenggelam ketika melompat dari rakit bambu saat hendak ke tepi waduk.

"Peristiwa tersebut terjadi saat kami sedang mandi dengan menaiki waduk, saat akan menepi ke tepi waduk, korban bersama tiga teman lainnya melompat dan korban tenggelam,"katanya.

Ia menambahkan, kejadian tenggelamnya korban baru diketahui saat korban meminta tolong sembari mengayun-ayunkan tangan.

"Mendengar suara minta tolong dari korban, kami mencoba melakukan pertolongan, namun usaha tersebut tak membuahkan hasil karena korban sudah hilang ke dasar waduk,"katanya.

 

Pewarta: Dedy Syahputra

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020