Dinas Pariwisata gandeng semua pihak dukung museum tsunami raih API Award 2020

Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh menggandeng semua pemangku kepentingan di kota setempat guna mendukung dan mememangkan Museum Tsunami Kota Banda Aceh dapat meraih  Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2020.

"Kami mengajak semua pihak yang ada di kota Banda Aceh agar dapat mendukung museuem Tsunami Aceh dengan memvote Museum Tsunami Kota Banda Aceh sebagai salah satu nominasi pertaih API 2020," kata Kepala Dinas Pariwisata Banda Aceh, Iskandar di Banda Aceh, Jumat.

Ia menjelaskan Museum Tsunami terpilih menjadi salah satu nominasi di ajang bergengsi API (Anugerah Pesona Indonesia) 2020 untuk kategori Destinasi Wisata Unik Populer yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan kegiatan ini sudah memasuki tahun kelima dengan menggunakan tiga saluran voting yaitu melalui SMS, instagram dan youtube.

Ia mengatakan berbagai upaya telah dilakukan untuk mempromosikan Museum Tsunami Kota Banda Aceh agar terpilih di ajang API Award 2020 seperti, rutin mempromosi melalui sosial media lewat video dan poster.
Menurut dia pada tahun tersebut, Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh menggandeng semua stakeholder, dinas/lembaga/kantor untuk mendukung atau memvote Museum Tsunami Kota Banda Aceh. 

Salah satu langkah awal yang dilakukan Dinas Pariwisata Banda Aceh adalah bekerjasama dengan SMKN 1 dan 3, mengingat jumlah partisipan di lingkungan tersebut sangat banyak, mulai dari guru sampai dengan siswa.

Kepala Bidang Promosi Pemasaran dan Pengembangan Sumberdaya Pariwisata Triansyah Putra mengatakan proses voting tersebut sudah berlangsung sejak bulan Agustus. 

Ia menjelaskan bagi masyarakat yang ingin menvoting via SMS bisa dengan mengetik API (spasi) 16G lalu dikirim SMS ke 99386. Kemudian via Instagram dapat mengikuti akun @APIaward lalu klik tombol like pada gambar di kategori Destinasi Unik Terpopuler. 

Kemudian via youtube dapat dilakukan dengan cara subscribe channel @APIaward dan menonton Video Kategori Destinasi Unik Terpopuler.

Ia mengatakan untuk memenangkan kategori tersebut, Museum Tsunami Kota Banda Aceh harus bersaing dengan sejumlah destinasi unik lainnya seperti Aek Natonang Samosir, Batu Tompak Tiga Anambas, Danau Dua Rasa Berau, Danau Gedang Bengkulu, Dusun Sri Pengantin Musi Rawas, Jajang Saribu Bukit Tinggi, Pasir Putih Aikima Jayawijaya, Sungai Tambosari Kolaka, dan Waterblow Penin Sula Bali.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020