Pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Aceh akan melepas rombongan ASN yang akan mengampanyekan Gerakan Masker Aceh (GEMA) ke seluruh kabupaten dan kota se Aceh pada Selasa.

“Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Pangdam Iskandar Muda Mayjen Hassanudin dan Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada akan turut serta dalam kegiatan yang di pusatkan di halaman depan Kantor Gubernur Aceh,” kata Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto di Banda Aceh, Senin.

Ia menjelaskan para peserta yang dilepas Plt Gubernur Aceh bersama unsur Forkopimda Aceh akan melakukan konvoi di beberapa rute jalan protokol di Banda Aceh.

Iswanto mengatakan belasan ribu masyarakat yang bakal berkampanye ke seluruh Aceh, akan melakukan aksi dengan kesadaran nyata yaitu membuat masyarakat terhindar dari paparan virus COVID-19. 

"Kampanye ini akan dilakukan di seluruh Aceh, mereka akan mengampanyekan gerakan memakai masker di sekolah-sekolah, di semua gampong dan tempat ibadah," kata Iswanto. 

Hingga kemarin, tercatat telah 19.735 masyarakat yang di antaranya Aparatur Sipil Negara (ASN), Organisasi Masyarakat, LSM, OKP dipastikan berpartisipasi dalam GEMA dan jumlah tersebut akan terus bertambah seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat dalam memakai masker.

Iswanto mengatakan GEMA tersebut penting disukseskan dalam upaya mencegah penularan COVID-19 sebatas menjaga diri tapi juga keluarga seluruh masyarakat.

"Mulai saat ini memakai masker harus jadi budaya kita. Pesan GEMA akan disampaikan melalui khutbah Jumat dan media informasi baliho, spanduk dan poster," kata Iswanto.

Gerakan memakai masker merupakan ikhtiar bersama yang diserukan langsung Presiden Indonesia Joko Widodo. Presiden meminta langsung Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian untuk menggaungkan gerakan tersebut ke seluruh pelosok negeri. 

Ia mengatakan gerakan bersama memakai masker tersebut bisa menjadi penangkal awal penyebaran COVID-19 di Aceh bahkan di seluruh Indonesia, sampai pada saatnya vaksin covid ditemukan.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020