Pemakaian masker untuk mencegah penyebaran penularan COVID-19 di kalangan masyarakat dirasakan masih sangat minim. Oleh sebab itu, Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan Aceh membagikan 3000 masker gratis kepada pengguna jalan.

"Hari ini kita melakukan kegiatan pembagian masker secara gratis dengan tujuan mencegah penyebaran penularan wabah COVID-19 di Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara,"kata Ketua Program Studi Keperawatan dan Kebidanan Aceh Utara Anda Syahputra di Lhokseumawe, Selasa (8/9).

Dikatakan, kegiatan bertema "Kampanye Nasional Selalu Pakai Masker" tersebut dilaksanakan di tiga titik yakni, di depan Taman Riyadah, jalan pasar Bayu dan di seputaran kampus Buket Rata.

"Ada tiga titik menjadi sasaran pembagian masker gratis tersebut, jadi tujuan dari pembagian masker ini supaya masyarakat sadar akan pentingnya menggunakan masker, baik itu di rumah, maupun luar rumah,"kata Anda.

Ia menambahkan, dengan kesadaran dari masyarakat terhadap penerapan protokol kesehatan khususnya penggunaan masker, maka angka penyebaran penularan COVID-19 bisa turun.

"Saat ini angka penyebaran COVID-19 di Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara semakin meningkat, sehingga sangat dibutuhkan kesabaran masyarakat untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan agar dapat memutus mata rantai penyebaran virus mematikan tersebut,"katanya.

Ia menyebutkan, selama ini kesadaran masyarakat dalam memakai masker masih sangat minim, bahkan masih kurang. Disini butun kesadaran dari seluruh elemen masyarakat untuk sama-sama melawan pandemi COVID-19.

"Dengan giat pemberian masker gratis ini diharapkan masyarakat selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan khusus menggunakan masker, selain itu juga selalu jaga jarak dan sering mencuci tangan menggunakan sabun,"kata Anda.
 

Pewarta: Dedy Syahputra

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020